Berikut Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin Api yang Akan Terjadi Sabtu Ini

Rabu, 11 Oktober 2023 - 10:40 WIB
loading...
Berikut Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin Api yang Akan Terjadi Sabtu Ini
Gerhana Matahari Cincin Api bisa dilihat lewat kanal YouTube Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). Siaran akan dimulai pukul 11:30 waktu setempat atau 22:30 WIB.. FOTO/ NASA
A A A
LONDON - Gerhana Matahari Cincin akan tersaji pada pekan ini, tepatnya pada Sabtu, 14 Oktober 2023 mendatang. Meskipun tidak bisa dilihat secara langsung di Indonesia, fenomena langka tersebut tetap bisa disaksikan melalui live streaming.



Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023), Gerhana Matahari Cincin Api bisa dilihat lewat kanal YouTube Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). Siaran akan dimulai pukul 11:30 waktu setempat atau 22:30 WIB.

Selain lewat kanal YouTube NASA, Gerhana Matahari Cincin Api juga bisa disaksikan melalui situs web Great American Eclipse. Di sini akan ditawarkan beberapa video mengesankan yang memberi gambaran tentang bagaimana jalur annularitas akan berkembang.

Untuk diketahui, Gerhana Matahari Cincin Api sendiri baru akan terjadi lagi di tahun 2046. Untuk itu sayang jika fenomena langka yang indah dan dapat menimbulkan kekaguman ini diabaikan dan terlewat untuk disaksikan.

Bagi yang belum tahu, penamaan Gerhana Matahari Cincin Api diberikan berdasarkan penampakannya yang mirip dengan Gerhana Matahari total. Hanya saja Bulan berada pada titik terjauh orbitnya dari Bumi sehingga tidak dapat menutup Matahari sepenuhnya.

Sebaliknya, cahaya Matahari yang menyala-nyala mengelilingi bayangan Bulan. Kondisi itu membuat Matahari terlihat sepeti cincin dengan jilatan cahaya yang seperti api di sekelilingnya. Dari situ nama Gerhana Matahari Cincin Api diberikan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)