4 Jalan Raya Tertua di Dunia, Salah Satunya Rute ke Mekkah

Kamis, 12 Oktober 2023 - 23:05 WIB
loading...
4 Jalan Raya Tertua di Dunia, Salah Satunya Rute ke Mekkah
Jalan raya membentang menembus hutan dan pegunungan. (Foto: Pexels)
A A A
JAKARTA - Transportasi telah menjadi kebutuhan manusia sejak zaman kuno. Selain kendaraan, jalan raya juga sudah ada sejak berabad-abad silam.

Jalan raya ini menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain, terutama untuk kepentingan perdagangan. National Geographic mencatat ada sejumlah jalan raya kuno yang masih dipakai hingga saat ini. Membentang ratusan kilometer dan menembus gunung serta belantara hutam, menghubungkan satu kota dengan kota lainnya.

Dikutip dari Gulf News, Kamis (12/10/2023), berikut deretan jalan raya kuno yang sudah dibangun sejak ratusan tahun silam.

1. Jalan Raya Nakasendo

Jalan Raya Nakasendo dibangun pada abad ke-17, dulunya menghubungkan Kyoto dan Edo (kini Tokyo) di Jepang. Jalan ini membentang sekitar 500 Km sepanjang tepian Danau Biwa dan melintasi pegunungan, langsung menuju Kanto Plain di dekat Tokyo modern. Orang Jepang tidak menggunakan kereta, jadi pejalan kaki dan kuda biasanya melalui rute ini. Sebagian dari jalan raya ini telah direstorasi, sehingga kini kita dapat berjalan di atasnya seperti orang-orang ratusan tahun lalu.


2. Jalan Raya Raja

Jalan Raya Raja membentang dari Mesir ke Teluk Aqaba dan kemudian ke utara menuju Suriah. Rute dagang ini melewati banyak situs sejarah penting dan tempat ziarah, seperti Gunung Nebo di Yordania. Dari abad ke-7 hingga ke-16, jalan ini digunakan oleh Muslim dari Suriah, Irak, dan sekitarnya untuk berhaji ke Mekkah.

3. Jalan Raya Amber

Rute perdagangan kuno ini dibangun untuk mengirim amber dari wilayah pantai Laut Utara dan Laut Baltik ke wilayah Mediterania. Amber telah lama dijuluki 'emas utara' . Amber adalah komoditas penting dan orang Sisilia pertama kali mulai berdagang dengannya.

Pada zaman Romawi, bahan lain mulai diekspor bersama dengan amber, seperti bulu hewan, madu, dan lilin. Karena jalan ini begitu menguntungkan bagi Romawi, mereka mengawalnya dengan benteng militer sepanjang rute, untuk melindungi pedagang dari serangan Germanik.


4. Jalan Raya Khmer

Jalan raya kuno sepanjang 225 Km membentang dari Angkor di Kamboja hingga Phimai di Thailand. Jalan Raya Khmer adalah rute penting pada abad ke-12 dan ke-13. Jalan ini dianggap suci bagi raja-raja Khmer, yang melakukan perjalanan di sepanjang jalan raya ini, mengunjungi berbagai kuil untuk melakukan upacara. Saat ini, Jalan Raya Khmer ditumbuhi oleh hutan belantara dan hanya sedikit terlihat melalui foto udara.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)