Kapal Rudal Armada Laut Hitam Rusia Diaktifkan, Bermuatan 4 Missile Canggih

Selasa, 17 Oktober 2023 - 14:32 WIB
loading...
Kapal Rudal Armada Laut Hitam Rusia Diaktifkan, Bermuatan 4 Missile Canggih
Kapal-kapal Armada Laut Hitam Rusia dilengkapi dengan berbagai rudal yang melayani tujuan operasi berbeda.
A A A
MOSKOW - Armada Laut Hitam Rusia telah mengaktifkan semua kapal peluncur rudal di kapal yang tidak terlibat di tengah perang di Ukraina. Kapal-kapal Armada Laut Hitam Rusia dilengkapi dengan berbagai rudal yang melayani tujuan operasi berbeda.

Salah satu jenis rudal yang biasa dimuat ke dalam peluncur rudal adalah rudal jelajah Kalibr yang dapat diluncurkan dari kapal permukaan maupun kapal selam. Rudal-rudal ini mampu menyerang sasaran di darat maupun di laut dengan jangkauan hingga 2.500 kilometer.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (17/10/2023), jenis rudal lain yang ditemukan pada peluncur rudal kapal Rusia di Armada Laut Hitam adalah rudal antikapal supersonik Oniks. Rudal ini dirancang untuk menargetkan kapal musuh dan memiliki jangkauan kurang lebih 500 kilometer.



Rudal Oniks mampu mengirimkan hulu ledak yang kuat untuk menetralisir kapal musuh dan merupakan komponen penting dari kemampuan ofensif Armada Laut Hitam Rusia. Selain rudal Kalibr dan Oniks, kapal Armada Laut Hitam Rusia juga membawa rudal permukaan-ke-udara jarak menengah Shtil-1.

Rudal-rudal ini terutama digunakan untuk tujuan pertahanan udara, memberikan perlindungan terhadap pesawat musuh dan rudal yang masuk. Rudal Shtil-1 memiliki jangkauan hingga 50 kilometer.
Kapal Rudal Armada Laut Hitam Rusia Diaktifkan, Bermuatan 4 Missile Canggih


“Selain itu, kapal Armada Laut Hitam Rusia dilengkapi dengan rudal antikapal Kh-35. Rudal-rudal ini dirancang untuk menyerang kapal permukaan musuh dan memiliki jangkauan sekitar 130 kilometer,” tulis Bulgarian Military.



Rudal Kh-35 dikenal karena kemampuan terbangnya di ketinggian rendah sehingga sulit dideteksi dan dicegat. Mereka sangat efektif terhadap berbagai sasaran, termasuk kapal perang, kapal patroli, dan aset angkatan laut lainnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)