Arkeolog Temukan Lempengan Batu Peta Harta Karun di Prancis

Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:02 WIB
loading...
A A A
Dalam guratan kasar dan garis lempeng, mereka bisa melihat sungai-sungai dan gunung-gunung Roudouallec, bagian dari wilayah Bretagne sekitar 500 kilometer di barat Paris. Para peneliti memindai lempeng dan membandingkannya dengan peta saat ini, menemukan sekitar 80 persen kesamaan. "Kita masih harus mengidentifikasi semua simbol geometris, legenda yang menyertainya," kata Nicolas.

Lempeng batu ini berlubang dengan cekungan kecil dan diyakini menunjukkan gundukan makam, tempat tinggal, atau endapan geologi. Menemukan maknanya bisa mengarah pada banyak temuan baru.

Tetapi pertama-tama, para arkeolog telah menghabiskan waktunya untuk menggali di lokasi tempat lempeng awalnya ditemukan, yang menurut Pailler merupakan salah satu situs makam Zaman Perunggu terbesar di Bretagne. "Kami mencoba memahami konteks penemuan ini lebih baik, untuk memiliki cara untuk menentukan usia lempeng," kata Pailler.

Galian terbaru telah menghasilkan sejumlah fragmen lempeng yang sebelumnya belum ditemukan. Potongan-potongan itu tampaknya telah patah dan digunakan sebagai dinding makam sebagai penanda dinamika kekuasaan yang berubah di pemukiman Zaman Perunggu . Area yang dicakup oleh peta harta karun ini mungkin sesuai dengan sebuah kerajaan kuno.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)