Mirip Film Horor, Pohon Ini Berdarah saat Ditebang

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 22:51 WIB
loading...
Mirip Film Horor, Pohon Ini Berdarah saat Ditebang
Bloodwood atau Pterocarpus angolensis terkenal karena getah merah gelap yang dikeluarkannya saat dipotong. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Adegan pohon berdarah saat ditebang acapkali muncul dalam film-film horor. Namun, faktanya ada jenis pohon tertentu yang mengeluarkan cairan mirip darah saat dipotong.

Pohon tersebut adalah jati liar atau bloodwood (Pterocarpus angolensis). Pohon asli Afrika Selatan ini terkenal karena getah merah gelap yang dikeluarkannya, yang terlihat seperti darah saat pohon dipotong.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (20/10/2023), pohon ini memiliki kualitas kayu yang bagus sehingga diperuntukkan membuat furnitur dan alat musik. Kayu jati liar ini tahan rayap dan tahan terhadap api sehingga sering ditanam di sekitar bangunan yang perlu dilindungi dari api.


Asal Getah Merah Darah


Getah merah yang mengalir saat pohon ini ditebang membuat terlihat seolah-olah mengeluarkan darah, tetapi itu bukan darah, hanya getah yang kaya tannin. Sebagian besar bagian pohon ini mengandung antara 12 hingga 20 persen tannin. Total, getah bloodwood mengandung 77 persen tannin.



Tannin tak hanya memberikan warna mirip darah pada getah kayu jati liar ini, tapi juga memiliki kegunaan lain. Rasanya yang pahit membuat hewan-hewan yang cukup bodoh untuk mencoba mengonsumsinya berpikir ulang, dan jika rasa itu belum cukup meyakinkan, kemampuan tannin untuk berikatan dengan nutrisi seperti protein mencegah hewan-hewan tersebut mencerna makanan dengan benar. Jadi, secara teknis, getah mirip darah dari bloodwood adalah mekanisme pertahanan alami pohon ini.

Getah aneh kayu Pterocarpus angolensis banyak ditemukan untuk pengobatan alternatif, namun khasiatnya belum terbukti secara ilmiah. Fungsi lainnya adalah sebagai pewarna dan salep kosmetik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)