Bola Api yang Melintas di Langit Australia Disebut Roket Buatan Rusia

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:29 WIB
loading...
Bola Api yang Melintas di Langit Australia Disebut Roket Buatan Rusia
Bola Api melintasi langit Australia diduga roket buatan Rusia. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Misteri di balik bola api yang terlihat di langit Australia pada 6 Agustus 2023 akhirnya terpecahkan. Setelah diselidiki, bola api tersebut ternyata merupakan sisa dari roket Soyuz-2 milik Rusia yang terbakar di udara.



Roket Soyuz-2 tersebut diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 5 Agustus 2023 untuk mengirim satelit militer ke orbit rendah Bumi.

Seperti dilansir dari Daily Start, namun, setelah mencapai orbit, badan roket tersebut mengalami masalah dan tidak dapat kembali ke Bumi. Akibatnya, badan roket tersebut jatuh kembali ke Bumi dan terbakar di atmosfer.

Bola api yang terlihat di langit Australia adalah akibat dari badan roket Soyuz-2 yang terbakar di atmosfer. Bola api tersebut terlihat sangat terang dan disertai ledakan sonik yang mengguncang rumah-rumah di Victoria, negara bagian selatan Australia.

Pihak Rusia telah mengakui bahwa bola api tersebut adalah sisa dari roket Soyuz-2 mereka. Mereka juga telah meminta maaf atas insiden tersebut.

Insiden ini menjadi sorotan media di seluruh dunia. Banyak pihak yang mengkritik Rusia karena tidak dapat memastikan bahwa sisa-sisa roket mereka akan jatuh kembali ke Bumi dengan aman.

Insiden ini menjadi pelajaran bagi semua negara yang meluncurkan roket ke orbit. Negara-negara tersebut harus memastikan bahwa sisa-sisa roket mereka akan jatuh kembali ke Bumi dengan aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi penduduk di bawahnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)