5 Perbedaan Ilmu Falak dan Astronomi Beserta Contohnya, Sering Dianggap Sama

Senin, 23 Oktober 2023 - 12:14 WIB
5 Perbedaan Ilmu Falak dan Astronomi Beserta Contohnya, Sering Dianggap Sama
Ada sejumlah perbedaan antara ilmu falak dan astronomi yang sering dianggap sama. Foto/Freepik
JAKARTA - Perbedaan antara ilmu falak dan astronomi masih belum banyak diketahui. Sebagian besar orang menganggap kedua ilmu tersebut sama-sama berkaitan dengan pengamatan benda-benda langit.

Menurut laman OIF UMSU, di Indonesia kerap terdapat kerancuan penggunaan istilah-istilah ini yang disebabkan berbagai faktor. Beberapa istilah yang berkembang di Indonesia yang bercampur dan simpang-siur di antaranya adalah ilmu falak dan astronomi.

Padahal, kedua ilmu tersebut memiliki memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Berikut ini perbedaan antara ilmu falak dengan ilmu astronomi.

Perbedaan Ilmu Falak dan Ilmu Astronomi

1. Pengertian

Perbedaan ilmu falak dan astronomi yang pertama terletak pada pengertian. Ilmu Astronomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari benda-benda langit, seperti bintang, planet, galaksi, dan fenomena alam semesta lainnya.

Meskipun sama-sama mempelajari benda langit, namun ilmu falak lebih berfokus pada pengamatan benda-benda langit untuk keperluan penentuan waktu, arah, dan penanggalan dalam konteks agama Islam.

2. Tujuan

Dari pengertian yang telah dijelaskan, maka ilmu falak memiliki tujuan utama tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan agama dan praktik ibadah tertentu.

Sementara ilmu astronomi digunakan dalam penelitian saintifik. Astronomi bertujuan untuk memahami asal usul, evolusi, perilaku, dan sifat alam semesta.

3. Penerapan

Penerapan ilmu falak lebih terkait dengan aplikasi praktis dalam konteks agama. Ini digunakan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah sehari-hari dan menentukan hari-hari penting dalam kalender Islam.

Sedangkan penerapan ilmu astronomi lebih menekankan dalam penelitian saintifik dan eksplorasi alam semesta, serta tidak terbatas pada satu agama atau kepercayaan tertentu.