Danau Terbesar di Eropa Jadi Garis Pertahanan, Rusia Siagakan 18 Kapal Kecil Rudal Karakurt

Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:02 WIB
loading...
Danau Terbesar di Eropa Jadi Garis Pertahanan, Rusia Siagakan 18 Kapal Kecil Rudal Karakurt
Rusia berencana menjadikan danau terbesar di Eropa, Danau Ladoga, sebagai garis pertahanan dengan menempatkan 18 unit kapal kecil rudal Karakurt. Foto/Wikipedia/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Danau Ladoga merupakan danau air tawar yang terletak di Republik Karelia dan Oblast Leningrad di barat laut Rusia dekat Saint Petersburg. Rusia berencana menjadikan danau terbesar di Eropa ini sebagai garis pertahanan dengan menempatkan 18 unit kapal kecil rudal Karakurt.

Danau Ladoga mempunyai luas sama dengan Danau Baikal di perbatasan Rusia dan diakui secara global sebagai perairan air tawar terbesar ke-14 berdasarkan wilayah. Ukuran danau ini sebanding dengan Danau Ontario.

Menariknya, danau metana di bulan Saturnus, Titan, yang dikenal sebagai Ladoga Lacus, dinamai berdasarkan danau ini. Dengan luas permukaan rata-rata 17.700 km persegi, tidak termasuk pulau-pulaunya, Danau Ladoga melebihi luas Kuwait.



Danau Ladoga membentang 219 km dari utara ke selatan dan lebar rata-rata mencapai 83 km. Sedangkan kedalaman rata-rata mencapai 47 meter, beberapa titik di bagian barat laut mencapai kedalaman 230 meter.

Luas cekungannya adalah 276.000 km persegi dan volumenya 837 km kubik, sebelumnya diperkirakan sekitar 908 km kubik. Sekitar 660 pulau tersebar di danau ini, dengan luas total 435 km persegi.
Danau Terbesar di Eropa Jadi Garis Pertahanan, Rusia Siagakan 18 Kapal Kecil Rudal Karakurt


“Rata-rata, Ladoga berada 5 m di atas permukaan laut. Di antara pulau-pulau ini, kepulauan Valaam, Kilpola, dan Konevets yang terkenal sebagian besar terletak di sektor barat laut danau,” tulis laman Bulgarian Military, Selasa (24/10/2023).

Danau Ladoga adalah bagian dari Jalur Air Volga–Baltik yang dapat dilayari yang menghubungkan Laut Baltik dengan Sungai Volga. Bagian selatan danau dilewati oleh Kanal Ladoga, yang menghubungkan langsung antara Neva dan Svir.



Cekungan Danau Ladoga yang meliputi sekitar 50.000 danau lain dan 3.500 sungai yang panjangnya lebih dari 10 km. Menariknya, 85% air yang mengalir ke Ladoga berasal dari anak-anak sungai ini, dengan 13% berasal dari curah hujan dan 2% berasal dari perairan bawah tanah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)