5 Fakta Kekeringan yang Menimpa Sungai Amazon, Dampak El Nino?

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:46 WIB
loading...
5 Fakta Kekeringan yang Menimpa Sungai Amazon, Dampak El Nino?
Sungai Amazon terancam menjadi daratan akibat kekeringan. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Sungai Amazon yang berada di Amerika Selatan tengah menjadi perhatian dunia. Hal ini tak terlepas dari kondisinya yang mengalami kekeringan hebat.

Kekeringan yang melanda Sungai Amazon ini juga memunculkan banyak dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya. Dalam sejumlah laporan yang tersebar, kekeringan kali ini menjadi paling parah dalam sejarahnya.

Lebih jauh, berikut sejumlah fakta terkait kekeringan yang melanda Sungai Amazon.

Fakta Mengeringnya Sungai Amazon


1. Berlangsung sejak Pekan Lalu


Kondisi mengeringnya Sungai Amazon telah berlangsung sejak awal pekan lalu. Mengutip Reuters, Kamis (25/10/2023), air sungai tersebut turun ke titik terendah dalam kurun lebih satu abad ke belakang pada Senin, 16 Oktober 2023.



Rekor kekeringan ini langsung memunculkan banyak dampak bagi lingkungan sekitarnya. Tak hanya bagi kehidupan warga sekitar, namun juga merusak ekosistem hutan.

2. Dianggap sebagai Dampak El Nino


Kementerian Ilmu Pengetahuan Brasil turut membuka suara atas kekeringan Sungai Amazon. Menurut salah satu keterangannya, kondisi ini menjadi akibat dari fenomena iklim El Nino yang melanda.

Lebih jauh, mereka memperkirakan bahwa kekeringan mungkin bakal berlangsung hingga akhir tahun 2023 atau setelah El Nino mencapai puncaknya.

3. Berdampak bagi Ratusan Ribu Warga


Badan pertahanan sipil negara bagian Amazonas mencatat ada sekitar 481.000 warga yang terdampak kekeringan Sungai Amazon. Angka tersebut bisa terus bertambah apabila kekeringan tak kunjung mereda.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3018 seconds (0.1#10.140)