Inovasi Baru, Mahasiswa Unusa Ciptakan Sikat Gigi Anti Pendarahan

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 08:15 WIB
loading...
Inovasi Baru, Mahasiswa Unusa Ciptakan Sikat Gigi Anti Pendarahan
Sikat gigi anbleed toothbrush yang diklaim anti pendarahan gusi. (Foto: Hari Tambayong)
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menciptakan sikat gigi anti pendarahan. Sikat gigi yang terbuat dari bahan bambu dan serat nilon ini diklaim memiliki permukaan yang lembut sehingga tidak melukai gusi dan area gigi.

Sikat gigi anti pendarahan ini diberi nama anbleed toothbrush. Dinamai anti pendarahan karena bentuknya yang lain dari sikat gigi pada umumnya.

Inovasi ini berangkat dari banyaknya keluhan masyarakat yang mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi. “Dari kondisi kebanyakan masyarakat yang saat menyikat gigi gusinya gampang berdarah,” ujar Mellina Kusumawatti, mahasiswi Prodi Keperawatan Unusa, yang merancang anbleed toothbrush bersama rekan-rekannya, Jumat (27/10/2023).



Kemampuan tidak mengakibatkan gusi berdarah diperoleh sikat gigi ini karena bagian bulunya terbuat dari serat nilon yang rapat, sehingga membuat permukaannya lebih halus dibanding sikat gigi lainnya.

Selain itu, pada bagian ujung sikat juga terdapat pelindung yang terbuat dari silikon. Pelindung ini dapat mengurangi potensi pendarahan pada gusi saat sikat gigi. Sementara pada bagian batang sikat terbuat dari bambu yang ramah lingkungan.



Anbleed toothbrush saat ini telah diproduksi masal dan dijual ke masyarakat. Untuk satu batang sikat gigi anbleed dibanderol Rp30 ribu.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)