Rahasia di Balik Kehebatan Topi Koki Tentara Israel

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
Rahasia di Balik Kehebatan Topi Koki Tentara Israel
Mitznefet menyembunyikan keberadaan prajurit di medan pertempuran terbuka. (Foto: We Are The Mighty)
A A A
JAKARTA - Perusahaan Israel mengembangkan senjata dan peralatan untuk pertempuran di masa depan. Kali ini bentuknya sederhana dan unik, yakni berupa topi koki alias mitznefet.

Secara visual, bentuknya memang mirip dengan tutup kepala yang kerap dipakai para koki di dapur. Namun, keamanannya jangan dianggap enteng karena mitznefet pertama kali digunakan oleh tantara Israel sejak 1994.

Apakah mitznefet efektif?


Lebih sekadar helm, mitznefet menyembunyikan keberadaa prajurit di medan pertempuran terbuka. Seperti penutup helm lainnya, ini juga mencegah cahaya memantul. Mitznefet memberikan keunggulan taktis bagi pasukan Israel selama pertempuran terakhir konflik di selatan Lebanon.



Terbuat dari kain jala, mitznefet kemudian dibuat dengan bahan kamuflase dua sisi yang bisa dibalik; satu sisi untuk lingkungan gurun dan sisi lainnya untuk lingkungan hutan. Pada 2013, produsen perlengkapan taktis Israel Agilite mengumumkan versi yang menampilkan pola kamuflase MultiCam yang populer.

Sejak diperkenalkan, mitznefet telah banyak digunakan oleh pasukan reguler dan bahkan pasukan khusus . Meskipun beberapa penutup awal dibuat secara mandiri, mitznefet telah menjadi bagian standar dari perlengkapan tantara Israel.



Meskipun belum secara resmi diadopsi di luar Israel , terutama karena pembatasan ekspor, mitznefet Agilite MultiCam tidak terkena batasan ekspor dan tersedia untuk pembelian komersial, termasuk di Amerika Serikat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)