Terbukti secara Ilmiah, Fungsi Sidik Jari yang Disebutkan dalam Al Quran

Rabu, 01 November 2023 - 19:40 WIB
loading...
Terbukti secara Ilmiah, Fungsi Sidik Jari yang Disebutkan dalam Al Quran
Keterangan tentang sidik jari termaktub dalam Alquran Surah Al-Qiyamah Ayat 3-4. (Foto: Ist)
A A A
JAKARTA - Manusia adalah makhluk yang unik. Meski lahir dari rahim yang sama tapi tak ada yang sama persis. Salah satu perbedaan mencolok dari tiap manusia adalah sidik jari yang tidak sama.

Seluruh manusia di Bumi ini punya sidik jari berbeda-beda. Hal ini pun telah disebutkan dalam Al Quran sejak lama dan belakangan ilmu pengetahuan modern membuktikan kebenarannya.

Dikutip dari buku Pintar Sains dalam Alquran karya Dr Nadiah Thayyarah, terdapat keterangan spesifik dalam Alquran tentang sidik jari. Hal itu termaktub dalam Al Quran Surah Al-Qiyamah Ayat 3-4.

[أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَلَّنْ نَجْمَعَ عِظَامَهُ (3) بَلَى قَادِرِينَ عَلَى أَنْ نُسَوِّيَ بَنَانَهُ (4)]

Artinya: "Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya? (Bahkan) Kami mampu menyusun (kembali) jari-jemarinya dengan sempurna."



Penyebutan jari-jemari pada ayat di atas berkaitan dengan sidik jari manusia. Karena pada ayat ini dan beberapa ayat lain sebelum dan sesudahnya berbicara tentang cara Allah mengenali individu pada hari kiamat.

Bagaimana Allah dalam firmannya menunjukkan sebuah ilmu pengetahuan, yakni sidik jari yang seiring dengan kemajuan ilmu sains menjadi kenyataan dan berguna bagi kehidupan umat manusia di muka bumi ini.

Sidik jari dalam ilmu sains digunakan sebagai identitas diri. Sebagai pembeda antara satu dengan lainnya. Misal, ketika ada jenazah tanpa identitas dengan sidik jari kemungkinan dapat terungkap kebenaran yang sesungguhnya.

Terkait menjadikan sidik jari sebagai identitas, dapat dibuktikan dengan teknik identifikasi menggunakan sidik jari yang sudah diakui secara legal oleh banyak organisasi kepolisian di dunia.



Legalisasi secara internasional ini juga telah berjalan lebih dari 25 tahun. Bahkan di banyak negara identifikasi dengan sidik jari sudah dilakukan lebih dari 100 tahun lamanya.

Hingga saat ini, belum ada teknik verifikasi identifikasi lain yang dapat melebihi efektivitas pengenalan melalui sidik jari. Kode dan pola sidik jari mungkin dapat diidentikkan dengan barcode yang dipakai dalam dunia perdagangan saat ini.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)