NASA Rekam Penampakan Tengkorak Pancarkan Cahaya di Gurun Sahara

Kamis, 02 November 2023 - 16:13 WIB
loading...
NASA Rekam Penampakan Tengkorak Pancarkan Cahaya di Gurun Sahara
Penampakan aneh berupa tengkorak memancarkan cahaya di Gurun Sahara. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Penampakan aneh berupa tengkorak memancarkan cahaya di Gurun Sahara berhasil ditangkap oleh para astronot dari luar angkasa. Foto menyeramkan ini diambil pada 12 Februari dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baru-baru ini NASA merilis foto mengerikan tersebut. Dari foto yang dirilis tampak gambar tengkorak raksasa yang bersembunyi di lubang vulkanik seperti mengeluarkan cahaya. Tengkorak tampak seolah menatap langsung ke kamera. Foto diambil saat ISS melintas di atas Tibesti Massif, pegunungan yang membentang melintasi pusat Gurun Sahara melalui Chad dan Libya.

Dikutip dari Live Science, Kamis (2/10/2023), warna putih pada mulut, hidung, dan pipi kiri tengkorak diperkirakan dihasilkan oleh natron, campuran garam alami dari natrium karbonat dekahidrat, natrium bikarbonat, natrium klorida, dan natrium sulfat.

Sementara area mata dan lubang hidung berbentuk kerucut cinder, bukit berbentuk kerucut curam yang dibangun di sekitar ventilasi vulkanik yang menjulang di atas sisa dasar kaldera.



Area yang lebih gelap di sebelah kiri wajah adalah bayangan yang dihasilkan oleh tepi kawah yang tinggi, yang membantu memberikan bentuk khas pada tengkorak.

Objek berbentuk tengkorak ini terletak di lantai Trou au Natron. Yaitu kaldera atau kawah gunung berapi selebar 1.000 meter yang terbentuk dari letusan gunung berapi di masa lalu.

Lekukan geologis ini terletak tepat di sebelah selatan Tarso Toussidé, situs gunung berapi yang lebih besar yang merupakan rumah bagi stratovolcano yang berpotensi aktif.



Ini bukan pertama kalinya benda berbentuk tengkorak terlihat dari luar angkasa. Pada 2016, citra satelit cuaca Badai Matthew, menangkap pusaran yang berputar-putar yang menyamar sebagai wajah bayangan menyeramkan dengan mata merah cerah. Pusaran tersebut adalah badai tropis kategori 5 yang menewaskan lebih dari 600 orang di seluruh Karibia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)