Kapak Berusia Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Senin, 06 November 2023 - 09:31 WIB
loading...
Kapak Berusia Ratusan Ribu Tahun Ditemukan di Arab Saudi
Kapak kuno tersebut terbuat dari batu basal lembut dan memiliki panjang 51,3 cm, diduga digunakan untuk memotong atau menebang. (Foto: Saudi Gazette)
A A A
ARAB SAUDI - Para arkeolog menemukan benda bersejarah berupa kapak tangan yang berusia sekitar 200.000 tahun di situs Qurh, AlUla, Arab Saudi. Kapak ini diduga berasal dari Zaman Paleolitik.

Komisi Kerajaan untuk AlUla (RCU) Arab Saudi menyebut kapak tangan tersebut terbuat dari batu basal lembut dan memiliki panjang 51,3 cm, menunjukkan ciri-ciri yang mengindikasikan penggunaan untuk memotong atau menebang. Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (6/11/2023), para peneliti masih mengkaji fungsi alat ini di masanya.

Kawasan Qurh di AlUla merupakan situs dengan signifikansi sejarah dari periode awal Islam, menjadi salah satu lokasi perkotaan penting di Semenanjung Arab, yang menyimpan sejumlah rahasia dan harta sejarah.



Penemuan alat kuno ini dikreditkan kepada tim arkeolog dari konsultan TEOS Heritage. Tim tersebut selama ini mendapat tugas menjelajahi wilayah sekitar Qurh di selatan AlUla, untuk mencari bukti keberadaan manusia kuno. Tim sebelumnya telah menggali beberapa temuan arkeologis dari periode awal Islam. Namun, penemuan kapak tangan ini dianggap sebagai hal baru yang transformatif dalam sejarah umat manusia baik di dalam maupun di luar Semenanjung Arab.

Saat ini, Komisi Kerajaan untuk AlUla mengawasi 11 proyek arkeologi khusus di AlUla dan Khyber sebagai bagian dari komitmennya untuk mengungkap misteri zaman kuno.



Upaya-upaya ini sejalan dengan rencana pengembangan komprehensif komisi untuk AlUla, yang bertujuan menjadikannya sebagai destinasi terkemuka di dunia untuk warisan alam dan budaya .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3383 seconds (0.1#10.140)