Mengenal Bom Fosfor Putih yang Digunakan Israel dan Bahayanya

Senin, 06 November 2023 - 11:22 WIB
loading...
Mengenal Bom Fosfor Putih yang Digunakan Israel dan Bahayanya
Bom fosfor putih digunakan Israel untuk menyerang Palestina. Foto/Mohammed Adeb/AFP via Getty Images
A A A
JAKARTA - Bom fosfor putih menjadi salah satu senjata yang digunakan Israel untuk menyerang wilayah Gaza. Akibat penggunaan bom ini, Israel kian mendapat kecaman berbagai pihak, termasuk PBB yang menganggap sebagai kejahatan perang

Senjata bom fosfor putih memiliki dampak yang sangat merusak dan berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Bom ini mengandung zat kimia yang mudah terbakar saat terkena oksigen dan dapat menimbulkan luka bakar parah, infeksi, dan kematian.

Penggunaan bom fosfor putih harus sesuai prosedur dan tidak boleh menargetkan warga sipil. Untuk lebih mengenal tentang bom yang satu ini, simak ulasan berikut.

Mengenal Bom Fosfor Putih


Bom fosfor putih adalah senjata yang menggunakan fosfor putih, sebuah zat yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan luka bakar parah pada manusia dan hewan. Bom ini biasanya digunakan untuk menghasilkan asap, pencahayaan, atau efek psikologis terhadap musuh.



Fosfor putih adalah salah satu bentuk alotrop dari unsur fosfor, yang memiliki empat atom fosfor dalam setiap molekulnya. Fosfor putih berwarna kuning keputihan, berbau bawang, dan bersifat sangat reaktif.

Fosfor putih dapat menyala dengan sendirinya di udara pada suhu sekitar 30 derajat celsius. Selain itu, bom ini dapat membentuk asap putih tebal yang terdiri dari oksida fosfor.

Bom fosfor putih berisi fosfor putih dalam bentuk padat, cair, atau gel. Ini dapat dilemparkan dengan tangan, ditembakkan dengan mortir, atau dijatuhkan dari pesawat.

Senjata berbahaya ini akan meledak saat menyentuh permukaan, dan menyebarkan fosfor putih yang terbakar ke sekitar. Fosfor putih yang terbakar dapat menempel pada kulit, pakaian, atau benda lain, dan terus membakar sampai habis atau dipadamkan dengan air atau bahan kimia.

Sekedar informasi, jika pada dasarnya bom ini dapat digunakan untuk menghasilkan asap putih yang dapat menutupi gerakan pasukan sendiri, mengganggu pandangan musuh, atau menandai target.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)