Diyakini Tanah Suci, Eliat Jadi Area Paling Berbahaya dalam Perang Israel - Palestina

Rabu, 08 November 2023 - 08:38 WIB
loading...
A A A
Eliat memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Ini pertama kali disebutkan dalam Alkitab sebagai perhentian perjalanan bangsa Israel dari Mesir ke Tanah Perjanjian. Eliat juga merupakan kota pelabuhan penting pada masa Kekaisaran Romawi dan kemudian ditaklukkan oleh Arab, Tentara Salib, dan Ottoman.

Pada awal abad ke-20, Eliat adalah kota kecil dan sepi. Namun, pada tahun 1950-an, pemerintah Israel mulai mengembangkan kota ini sebagai tujuan wisata. Saat ini, Eliat adalah kota modern dan dinamis dengan populasi lebih dari 50.000 orang.

Tidak ada penyebutan khusus kota Eliat dalam Al Quran, kitab suci Islam. Namun ada beberapa ayat dalam Alquran yang menyebutkan wilayah Kanaan, termasuk wilayah tempat Eliat berada.

Sebagian umat Islam menafsirkan bahwa Eliat adalah bagian dari Tanah Suci, yaitu tanah yang dijanjikan kepada umat Islam.

"Wahai kaumku, masuklah ke tanah suci [Baitulmaqdis, kota di Palestina] yang telah Allah tentukan bagimu dan janganlah berbalik ke belakang [karena takut kepada musuh], nanti kamu menjadi orang-orang yang rugi,”(QS. Al-Maidah [5]: 21).

Sebagian umat Islam menafsirkan ayat ini dengan mengartikan bahwa Eliat adalah bagian dari Tanah Suci, yaitu tanah yang dijanjikan kepada umat Islam. Namun, tidak ada konsensus di kalangan umat Islam mengenai masalah ini.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)