Unik, India Terjunkan Prajurit Lebah Jaga Wilayah Perbatasan

Kamis, 09 November 2023 - 21:05 WIB
loading...
Unik, India Terjunkan Prajurit Lebah Jaga Wilayah Perbatasan
Sarang-sarang lebah telah diterjunkan di perbatasan India dengan Bangladesh, sepanjang 4.096 Km. (Foto: Russian Today)
A A A
INDIA - Militer India menerapkan cara unik untuk menjaga wilayah perbatasannya dengan Bangladesh. Selain penjagaan secara konvensional mereka juga menerjunkan pasukan lebah untuk mencegah penyelundupan ternak serta bentuk tindakan kriminal lainnya.

Dilansir dari Russian Today, Kamis (9/11/2023), sarang-sarang lebah telah diterjunkan di perbatasan India dengan Bangladesh , sepanjang 4.096 Km. Selain meminimalisir kejahatan, jutaan lebah ini juga memberikan mata pencaharian tambahan kepada penduduk setempat.

Kotak-kotak lebah ditempatkan pada pagar perbatasan di daerah-daerah Bengal Barat yang rentan terhadap penyelundupan. Inisiatif ini berasal dari batalyon ke-32 tentara India.



Kejahatan lintas batas dan imigrasi ilegal sepanjang perbatasan dengan Bangladesh selama ini dianggap sebagai bahaya laten. Di distrik Nadia, Bengal Barat, di mana sarang lebah dipasang, penyelundupan ternak, emas, perak, dan narkoba merajalela. Para penjahat sebelumnya berhasil menembus pagar perbatasan dengan memotong kawat berduri.

Militer India memperingatkan serangan dari kawanan lebah bisa melukai secara serius siapa pun yang mencoba menyeberangi perbatasan secara ilegal.



Ide unik ini dicetuskan oleh Sujeet Kumar, komandan batalyon ke-32 BSF. Dia terinspirasi oleh 'Program Desa Berkembang' pemerintah India , yang berfokus pada ide-ide inovatif untuk menghasilkan mata pencaharian di desa.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)