5 Fakta Bison, Hewan yang Memiliki Masa Kehamilan Sama dengan Manusia

Senin, 13 November 2023 - 19:36 WIB
loading...
5 Fakta Bison, Hewan yang Memiliki Masa Kehamilan Sama dengan Manusia
Bison berbeda dengan sapi atau lembu peliharaan. Bison memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dan berat. (Foto: IUCN.org)
A A A
JAKARTA - Bison adalah salah satu mamalia besar yang masuk dalam keluarga Bovidae dan genus Bison. Terdapat dua spesies bison yaitu bison Amerika dan Bison Eropa.

Bison Amerika atau Bison bison dikenal sebagai kerbau daratan yang berasal dari Amerika Utara. Sedangkan bison Eropa atau yang lebih dikenal dengan wisent (Bison Bonasus) adalah bison yang berasal dari Eropa.

Bison berbeda dengan sapi atau lembu peliharaan. Bison memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar dan berat. Bison juga memiliki ciri khas dengan punuk yang menonjol di bahu dan tanduk yang pendek dan melengkung ke atas.

Berikut fakta lain bison yang dikutip dari beberapa sumber :

1. Mamalia Terberat di Amerika Utara


Bison merupakan mamalia terbesar dan terberat di Amerika Utara. Bison jantan yang telah dewasa memiliki panjang hampir 2 meter dengan berat yang bisa mencapai 900 kilogram. Sedangkan bison betina biasanya lebih ringan, yaitu 320 kilogram dengan panjang 1,5 meter.


2. Hewan yang Lincah


Meski memiliki badan yang besar dan berjalan cukup lambat, bison juga seringkali terlihat sedang berlari. Bison bisa berlari dengan kakinya yang kaku dengan gerakan memutar. Bison juga termasuk hewan yang lincah karena mampu berlari dengan kecepatan 65 kilometer per jam.

3. Memiliki Masa Kehamilan Sama dengan Manusia


Bison umumnya hidup dengan kelompok kecil sesuai dengan jenis kelaminnya. Bison jantan dan bison betina akan hidup terpisah. Namun, saat musim kawin datang, mereka akan hidup dengan kelompok yang sangat besar.

Bison jantan akan melawan bison jantan lainnya untuk mendapatkan bison betina yang unggul. Kemudian bison betina akan mengandung calon anaknya dengan masa kehamilan yang sama dengan manusia atau setara dengan sembilan bulan. Umumnya, bison betina akan melahirkan satu anak bison atau disebut juga dengan red dog.

4. Memiliki Ekor yang Menjadi Penentu Suasana Hati


Bison memiliki suasana hati yang dapat dilihat dari ekornya. Ekor yang menggantung, biasanya menentukan suasana bahwa bison sedang tenang. Namun, saat ekornya berdiri dengan tegak, biasanya bison sedang mengisi energinya dan bisa menyerang siapapun yang berada di dekatnya. Meski begitu, tetap harus berhati-hati saat mendekati bison karena bison juga termasuk hewan yang tidak dapat diprediksi.


5. Terancam Punah


Bison masuk dalam daftar merah spesies terancam punah. IUCN mencatat bison sebagai hewan yang awalnya rentan menjadi terancam. Spesies bison mengalami pengurangan jumlah akibat perburuan dan hilangnya habitat asli karena ulah manusia.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)