5 Fakta Orca, Cerdas Kembangkan Berbagai Teknik Berburu

Rabu, 15 November 2023 - 21:26 WIB
loading...
5 Fakta Orca, Cerdas Kembangkan Berbagai Teknik Berburu
Orca (Orcinus orca) sering disebut sebagai paus pembunuh, meskipun hampir tidak pernah menyerang manusia. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Orca (Orcinus orca) sering disebut sebagai paus pembunuh , meskipun hampir tidak pernah menyerang manusia. Orca atau paus pembunuh, adalah predator puncak yang mematikan dan cerdas dalam mengembangkan teknik berburu mangsa di setiap lautan.

Fakta orca dikenal dengan nama paus pembunuh awalnya, karena para pelaut zaman dahulu melihat orca berburu dalam kelompok untuk memangsa paus besar. Mereka adalah predator laut yang sangat sosial, beragam, dan ganas dengan pola makan mulai dari penguin hingga hiu putih besar.

Saat ini, orca diakui sebagai salah satu mamalia yang paling tersebar luas di planet ini, menempati setiap lautan. Berikut 5 fakta tentang orca dirangkum SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (15/11/2023).

1. Keluarga Lumba-lumba

Orca adalah anggota terbesar dari keluarga lumba-lumba. Orca jantan lebih besar dari betina, tetapi ukuran dan beratnya bervariasi, bergantung pada jenis orca.



Menurut SeaWorld, orca terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang 32 kaki atau 9,8 meter dan berat 22.000 pon atau 10.000 kilogram. Ukuran itu lebih panjang dan lebih berat daripada motorhome (mobil mirip caravan).

2. Warna Kulit Hitam-Putih untuk Penyamaran

5 Fakta Orca, Cerdas Kembangkan Berbagai Teknik Berburu

Orca dikenal dengan sirip punggungnya yang panjang dan warnanya yang hitam-putih. Pewarnaan hitam-putih membantu menyamarkannya dengan mengaburkan garis luarnya di dalam air.

Tepat di belakang sirip punggung terdapat bercak abu-abu yang disebut "sadel" karena bentuknya seperti pelana berkuda. Pola ini memudahkan untuk berburu mangsa di lautan yang luas.

3. Bentuk Tubuh Hidrodinamik

Tubuh orca berbentuk silinder dan meruncing di setiap ujungnya membentuk hidrodinamik sehingga mudah bergerak di bawah air. Bentuk ini, bersama dengan ukuran dan kekuatan orca yang besar, menjadikannya salah satu mamalia laut tercepat.

Orca mampu berenang mencapai kecepatan lebih dari 30 knot atau sekitar 56 km/jam. Orca memiliki gigi besar, yang panjangnya bisa mencapai 4 inci atau 10 sentimeter, membantu menangkap mangsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)