Sejarah Semenanjung Sinai, Tanah Fayrouz yang Pernah Jadi Sengketa Mesir Israel

Rabu, 15 November 2023 - 22:35 WIB
loading...
Sejarah Semenanjung Sinai, Tanah Fayrouz yang Pernah Jadi Sengketa Mesir Israel
Semenanjung Sinai di Mesir yang dikenal sebagai Tanah Fayrouz yang berarti Pirus telah dihuni sejak zaman prasejarah dan selalu menjadi jalur perdagangan. Foto/Briar Interaktive
A A A
KAIRO - Semenanjung Sinai di Mesir yang dikenal sebagai Tanah Fayrouz yang berarti Pirus telah dihuni sejak zaman prasejarah dan selalu menjadi jalur perdagangan. Semenanjung Sinai telah menjadi bagian dari Mesir sejak Dinasti Pertama Mesir kuno, sekitar tahun 3.100 SM.

Sinai disebut Mafkat atau Negara Pirus oleh orang Mesir kuno, yang ditambang di semenanjung tersebut. Pada zaman kuno , seperti wilayah sekitarnya, wilayah ini telah menjadi pusat perhatian para pelarian dan penakluk.

Dikutip dari laman Thoughtco, Rabu (15/11/2023), terdapat periode pendudukan asing selama 5.000 tahun terakhir. Termasuk, menurut legenda alkitabiah, orang-orang Yahudi pada masa Eksodus Musa yang melarikan diri dari Mesir dan Kekaisaran Romawi kuno, Bizantium, dan Asiria.



Pada periode pendudukan asing, Semenanjung Sinai, seperti wilayah Mesir lainnya, juga diduduki dan dikendalikan oleh kerajaan asing. Dalam sejarah yang lebih baru, Kekaisaran Ottoman dari tahun 1517 hingga 1867 dan Inggris dari tahun 1882 hingga 1956.

Israel menginvasi dan menduduki Semenanjung Sinai selama Krisis Suez tahun 1956 dan selama Perang Enam Hari tahun 1967. Pada tahun 1973, Mesir melancarkan Perang Yom Kippur untuk merebut kembali semenanjung tersebut, yang merupakan tempat pertempuran sengit antara pasukan Mesir dan Israel.
Sejarah Semenanjung Sinai, Tanah Fayrouz yang Pernah Jadi Sengketa Mesir Israel


Pada tahun 1982, sebagai akibat dari Perjanjian Perdamaian Israel-Mesir tahun 1979, Israel telah menarik diri dari seluruh Semenanjung Sinai kecuali wilayah Taba yang disengketakan. Namun, kemudian dikembalikan Israel ke Mesir pada tahun 1989.

Pada tahun 1960, sensus Mesir di Sinai mencatat populasi sekitar 50.000 jiwa. Saat ini, berkat industri pariwisata, populasinya diperkirakan mencapai 1,4 juta jiwa. Penduduk Badui di Semenanjung Sinai, yang tadinya mayoritas, kini menjadi minoritas.



Semenanjung Sinai telah menjadi tujuan wisata karena pemandangan alamnya, kekayaan terumbu karang di lepas pantai, dan sejarah alkitabiah. Gunung Sinai adalah salah satu tempat paling penting secara keagamaan dalam agama Ibrahim.

“Kaya akan tebing dan ngarai berwarna pastel, lembah gersang, dan oasis hijau yang menakjubkan, gurun bertemu dengan laut yang berkilauan dalam rangkaian panjang pantai terpencil dan terumbu karang hidup yang menarik kekayaan kehidupan bawah laut,” tulis David Shipler pada tahun 1981, The New York Kepala biro Times di Yerusalem.
Sejarah Semenanjung Sinai, Tanah Fayrouz yang Pernah Jadi Sengketa Mesir Israel


Tujuan wisata populer lainnya adalah Biara St Catherine, yang dianggap sebagai biara Kristen tertua yang masih berfungsi di dunia, dan kota resor pantai Sharm el-Sheikh, Dahab, Nuweiba dan Taba. Sebagian besar wisatawan tiba di Bandara Internasional Sharm el-Sheikh, melalui Eilat, Israel, dan Penyeberangan Perbatasan Taba, melalui jalan darat dari Kairo atau dengan feri dari Aqaba di Yordania.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)