Boot of Cortez, Bongkahan Emas Terbesar yang Ditemukan di Gurun Sonora

Kamis, 16 November 2023 - 19:08 WIB
loading...
Boot of Cortez, Bongkahan Emas Terbesar yang Ditemukan di Gurun Sonora
Bongkahan emas Boot of Cortez ditemukan oleh pemburu logam amatir di padang pasir. (Foto: Greekreporter)
A A A
JAKARTA - Logam mulia emas selalu menjadi incaran umat manusia lantaran harganya menjulang tinggi membuat siapapun terancam kaya jika memilikinya.

Sejarah mencatat Boot of Cortez menjadi salah satu potongan emas terbesar yang pernah ditemukan manusia di dunia. Beratnya mencapai 389,4 troy ounces, seukuran sepatu.

Dilansir dari Greekreporter, Kamis (16/11/2023), pada tahun 1989, seorang pencari harta karun amatir di Meksiko membeli detektor logam dan menjelajahi Gurun Sonora. Pertambangan emas dan perak tersebar di sepanjang Utara Meksiko, tetapi kemungkinan menemukan secara acak bongkahan emas di tengah padang gurun sangat rendah.

Pria itu bekerja perlahan-lahan memindai area Gran Desierto de Altar yang katanya berisi bongkahan emas selama beberapa hari. Namun dia hanya mendapat paku, peluru, dan barang rongsokan lainnya. Kemudian suatu pagi, dia mendapatkan sinyal besar dari detektornya, menggalinya dan menemukan bongkahan emas menakjubkan.



Bongkahan emas tersebut berukuran 10¾ inci tingginya dan 7¼ inci lebarnya. Emas berbentuk sepatu itu memiliki berat lebih dari 26 pound.

Dikenal sebagai Boot of Cortez, bongkahan emas ini tetap menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Di posisi kedua, ada bongkahan emas yang ditemukan di Alaska seberat 100 ons. Bongkahan emas ini diberi nama Hernán Cortés, penakluk Spanyol.

Penemu harta karun menjual Boot of Cortez ke bosnya seharga USD30.000 dan sejak itu berganti tangan berkali-kali. Pada tahun 2008, Boot of Cortez dijual dalam lelang seharga USD1.553.500.



Bongkahan emas berbagai ukuran telah ditemukan di seluruh dunia. Welcome Stranger adalah bongkahan emas aluvial terbesar yang pernah ditemukan, dengan berat 97,14 kilogram. Namun, Boot of Cortez tetap menjadi bongkahan emas terbesar yang ditemukan di dunia oleh pencari logam amatir.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3154 seconds (0.1#10.140)