Misteri Kapal Harta Karun Kolombia Bernilai Triliunan Rupiah

Jum'at, 10 November 2023 - 18:53 WIB
loading...
Misteri Kapal Harta Karun Kolombia Bernilai Triliunan Rupiah
Kapan San Jose yang membawa harta karun diperkirakan tenggelam di pantai Kolombia berabad silam. (Foto: Ancient Origins)
A A A
JAKARTA - Sebuah kapal galleon khas Spanyol terdampar di sebuah pantai Kolombia. Konon kapal tersebut menyimpan harta karun bernilai triliunan rupiah.

Presiden Kolombia ingin menguasai emas, perak, dan permata senilai 20 miliar dolar AS atau sekira Rp30 triliun. Sebelumnya, para pemburu harta karun AS menuntut setengah dari nilai tersebut.

Kisah kapal harta karun Kolombia ini bermula ketika Angkatan Laut Inggris menenggelamkan kapal San Jose dalam pertempuran. Kapal tersebut membawa harta karun dan ratusan awak kapal.



Dikutip dari Ancient Origins, Jumat (10/11/2023), kapal berusia 315 tahun tersebut telah dinyatakan sebagai peninggalan misi nasional. San Jose diyakini membawa harta karun yang dikumpulkan selama enam tahun, terdiri dari perak dari Bolivia, dan juga terdapat 11 juta koin emas.

Pada 2015, pemerintah Kolombia mengumumkan bahwa sekelompok penyelam dari angkatan laut telah berhasil menemukan kapal di kedalaman hampir 945 meter. Tahun lalu, tim lain juga berhasil menangkap gambar menakjubkan dari kargo yang diawetkan dengan sempurna.



Pada 1981, konsorsium penyelamatan AS bernama Glocca Morra mengklaim telah menemukan San Jose. Mereka menyatakan telah memberikan koordinat tersebut kepada pemerintah Kolombia agar berhak mendapatkan setengah dari harta karun jika puing tersebut berhasil ditemukan. Namun pemerintah Kolombia menyatakan tidak menemukan apa-apa di kordinat yang diberikan.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)