Rusia Mulai Penelitian SIRIUS, 6 Kru Luar Angkasa Diisolasi Setahun

Minggu, 19 November 2023 - 19:16 WIB
loading...
Rusia Mulai Penelitian SIRIUS, 6 Kru Luar Angkasa Diisolasi Setahun
Rusia memulai inisiatif proyek Penelitian Internasional Ilmiah di Stasiun Terestrial Unik atau Scientific International Research In Unique terrestrial Station (SIRIUS) pekan ini. Foto/Space
A A A
MOSKOW - Rusia memulai inisiatif proyek Penelitian Internasional Ilmiah di Stasiun Terestrial Unik atau Scientific International Research In Unique terrestrial Station (SIRIUS) pekan ini. Sebanyak 6 kru luar angkasa diisolasi selama 360 hari atau setahun untuk meniru kondisi penerbangan dalam perjalanan luar angkasa .

Enam orang awak yang diisolasi diawasi Institut Masalah Bio-Medis atau Institute for Bio-Medical Problems (IBMP) yang legendaris di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Misi tersebut dikenal sebagai SIRIUS-23, merupakan tahap keempat dari eksperimen isolasi IBMP.

Sebelumnya ada misi SIRIUS-17 (diisolasi selama 17 hari pada tahun 2017), SIRIUS-19 (menjalani isolasi 120 hari pada tahun 2019). Kemudian, misi tahap-3 SIRIUS-23 berlangsung pada tahun 2021 dan menjalani isolasi selama 240 hari.



Awak SIRIUS-23 memasuki fasilitas isolasi jarak jauh dari rumah pada 14 November. Kelompok individu ini akan melakukan simulasi misi bulan yang melibatkan terbang melintasi bulan untuk memilih lokasi pendaratan, termasuk beberapa simulasi pendaratan empat kru.

Anggota kru untuk operasi permukaan, mengorbit bulan, dan melakukan operasi jarak jauh penjelajah di permukaan bulan. “Satu tahun adalah durasi yang menantang yang akan diisi dengan banyak eksperimen biomedis,” kata Anastasia Stepanova veteran misi SIRIUS-19 dikutip SINDOnews dari laman Space, Minggu (19/11/2023).
Rusia Mulai Penelitian SIRIUS, 6 Kru Luar Angkasa Diisolasi Setahun


Anastasia Stepanova, seorang mahasiswa PhD di bidang sumber daya luar angkasa di Colorado School of Mines di Golden, Colorado. Pada 2019, Stepanova berpartisipasi dalam eksperimen simulasi penerbangan bulan SIRIUS-19 selama empat bulan.

Program itu diselenggarakan bersama oleh IBMP dari Rusia dan program penelitian manusia NASA. Kali ini, NASA yang telah menjadi mitra selama bertahun-tahun, tidak dapat berpartisipasi pada tahun 2023 dalam misi SIRIUS-23.



Sebagai bagian dari percobaan, kata Stepanova, aspek psikofisiologis dari aktivitas kru akan dipelajari. Penilaian tersebut mencakup respons awak kapal terhadap berbagai jenis malfungsi teknis yang dapat mengakibatkan kecelakaan serius yang mengancam nyawa dan kesehatan awak kapal.

Selain itu, masalah interaksi intra-kelompok dan kepemimpinan dengan komposisi gender yang berbeda akan dinilai. “Termasuk masalah aktivitas ekstravehicular jangka panjang dan teratur, disertai aktivitas fisik dan kerja malam,” tambah Stepanova.
Rusia Mulai Penelitian SIRIUS, 6 Kru Luar Angkasa Diisolasi Setahun


Enam kru misi SIRIUS-23 yang memulai isolasi selama satu tahun semua berasal dari Rusia, adalah Yuri Sergeevich Chebotarev (komandan kru), Anzhelika Anatolyevna Parfyonova (insinyur penerbangan), Ksenia Dmitrievna Orlova (penduduk negara bagian Asgardia), Olga Sergeevna Mastitskaya (peneliti), Ksenia Sergeevna Shishenina (peneliti), Rustam Nazimovich Zaripov (peneliti).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)