Pertama Kali, NASA Kirim Komunikasi Laser dari Luar Angkasa Sejauh 10 Juta Mil

Rabu, 22 November 2023 - 18:52 WIB
loading...
Pertama Kali, NASA Kirim Komunikasi Laser dari Luar Angkasa Sejauh 10 Juta Mil
NASA mencapai tonggak sejarah dalam komunikasi luar angkasa setelah berhasil mengirimkan informasi sejauh 10 juta mil (16 juta km) melalui sinar laser untuk pertama kalinya. Foto/NASA
A A A
WASHINGTON - NASA mencapai tonggak sejarah dalam komunikasi luar angkasa setelah berhasil mengirimkan informasi sejauh 10 juta mil (16 juta km) melalui sinar laser untuk pertama kalinya. Ini adalah jarak terjauh yang pernah ditempuh seberkas cahaya untuk komunikasi optik.

Menurut NASA, demonstrasi pertama teknologi komunikasi laser dilakukan pada 14 November 2023 dini hari. Hal itu ditandai dengan penembakan cahaya pertama atau laser dari pesawat ruang angkasa Psyche.

Direktur Demonstrasi Teknologi NASA Trudy Kortes mengatakan, pencapaian cahaya pertama adalah salah satu dari banyak tonggak penting DSOC dalam beberapa bulan mendatang. Keberhasilan ini juga membuka jalan menuju komunikasi dengan kecepatan data lebih tinggi untuk mengirimkan informasi ilmiah.



“Sistem komunikasi laser diharapkan juga mampu mengirimkan citra definisi tinggi dan video streaming untuk mendukung lompatan besar misi umat manusia berikutnya: mengirim manusia ke Mars,” kata Kortes di Markas Besar NASA, Washington dikutip SINDOnews dari laman financialexpress, Rabu (22/11/2023).

NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa Psyche dengan perangkat yang mampu mengirimkan sinar laser dalam jarak yang sangat jauh, dijuluki Deep Space Optical Communications (DSOC). Pesawat ruang angkasa Psyche diluncurkan 13 Oktober 2023 dari Kennedy Space Center di Florida.
Pertama Kali, NASA Kirim Komunikasi Laser dari Luar Angkasa Sejauh 10 Juta Mil


DSOC merupakan sebuah sistem terdiri dari transceiver laser penerbangan, pemancar laser darat, dan penerima laser darat. Sistem komunikasi ini menggunakan laser kecepatan tinggi dan untuk menguji komunikasi laser di luar Bulan.

NASA bereksperimen menggunakan sistem komunikasi laser ruang angkasa dengan pancaran data yang dikodekan dalam laser inframerah-dekat. Laser menempuh jarak 40 kali lebih jauh dibandingkan jarak Bulan dari Bumi, ke Teleskop Hale di Observatorium Palomar Caltech di San Diego County, California.



Menurut NASA, data pengujian juga disampaikan secara bersamaan melalui laser uplink dan downlink. Sebuah praktik yang dikenal sebagai “menutup tautan” yang merupakan tujuan utama eksperimen tersebut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)