Kota Atlantis China Ditemukan Utuh di Dasar Danau

Senin, 27 November 2023 - 18:00 WIB
loading...
Kota Atlantis China Ditemukan Utuh di Dasar Danau
Kota Singa atau Shi Cheng dibangun selama Dinasti Han Timur antara 25 M dan 200 M. (Foto: Indy100/Simply Scuba)
A A A
JAKARTA - Kota Singa atau Shi Cheng yang dibangun selama Dinasti Han Timur antara 25 M dan 200 M berhasil ditemukan dalam kondisi utuh, tersembunyi 40 meter di bawah permukaan Danau Qiandao di China timur. Para ahli menyebut kota ini sebagai Atlantis Tiongkok.

Awal mula penemuan kembali Kota Atlantis ini terjadi pada tahun 2001. Ototitas setempat lantas melakukan recovery dan memutuskan membukanya pada 2017 sebagai destinasi penyelaman untuk wisatawan.

Dilansir dari Indy100, Senin (27/11/2023), diperkirakan Shi Cheng dibangun selama Dinasti Han Timur antara 25 M dan 200 M. Dahulu kota ini merupakan pusat politik dan ekonomi di provinsi timur Zhejiang, dengan pusat kekuatan regional yang berada di kota ini.

Dinding kota, diyakini berasal dari abad ke-16, memiliki lima gerbang masuk, berbeda dengan empat gerbang tradisional di kota-kota Tiongkok kuno. Jalan-jalannya sangat lebar dengan 265 gapura yang menampilkan pahatan naga, burung phoenix, dan singa.

Kota Atlantis China Ditemukan Utuh di Dasar Danau




Pada tahun 1959, pemerintah China membangun pembangkit listrik tenaga air di area tersebut, menyebabkan kota tersebut terendam. Hal itu bukan hanya menghilangkan artefak sejarah. Lebih dari 300.000 orang perlu direlokasi untuk proyek ini, yang akhirnya melahirkan Danau Qiandao.



Efek samping mengejutkan dari ini adalah bahwa kota tetap menjadi kapsul waktu untuk periode ketika itu terendam. Karena air yang digunakan untuk menenggelamkannya tidak mengandung zat yang korosif, sisa-sisa ini berada dalam kondisi sempurna.

Kota Atlantis China Ditemukan Utuh di Dasar Danau




Dan meskipun masih berfungsi sebagai kota hingga pertengahan abad ke-20, Kota Singa belum sepenuhnya dipetakan. Sekarang, para penyelam secara perlahan menjelajahi setiap bangunan, struktur, gapura, jalan, dan rumah untuk akhirnya menyusun gambaran lengkap tentang bagaimana kota itu tampak. Sampai saat itu, kota ini akan tetap setidaknya sebagian diselimuti misteri, sebagai Atlantis milik Tiongkok sendiri.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)