Ilmuwan Ciptakan Robot Biologis dari Sel Manusia, Bisa Sembuhkan Penyakit

Senin, 04 Desember 2023 - 22:38 WIB
loading...
Ilmuwan Ciptakan Robot Biologis dari Sel Manusia, Bisa Sembuhkan Penyakit
Robot biologis dari sel manusia dirancang untuk bisa menyembuhkan penyakit kronis seperti kanker. Foto: IFLscience
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan berhasil menciptakan robot biologis dari sel manusia. Fungsinya, salah satunya adalah untuk pengobatan regeneratif.

Robot yang dirakit secara mandiri ini diklaim punya kemampuan yang luar biasa. Sebuah penelitian bahkan telah membuktikan potensinya dalam menyembuhkan dan mengobati penyakit.

Tim tersebut telah membuktikan kemampuan robotika biologis mereka pada tahun 2020 dengan penciptaan Xenobots, yang terbuat dari sel embrio katak.

Mereka bahkan berhasil merancang Xenobot agar dapat bereproduksi dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh hewan atau tumbuhan hidup, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Melansir dari IFL Science, Senin (4/12) robot yang disebut anthrobots dibuat menggunakan satu sel manusia dewasa yang diambil dari trakea (batang tenggorokan).

Jenis sel ini ditutupi oleh struktur mirip rambut kecil yang disebut silia yang membantu mencegah partikel kecil masuk ke paru-paru kita.

Dengan memanipulasi kondisi pertumbuhannya di laboratorium, tim mampu mendorong sel untuk bereplikasi menjadi organoid multiseluler dengan silia menghadap ke luar.

Beberapa varian anthrobot yang berbeda muncul, dengan bentuk yang sedikit berbeda dan ukuran berkisar antara 30 dan 500 mikrometer.

Tergantung pada susunan silianya, mereka bergerak secara acak, bergerak dalam garis lurus, atau bergerak dalam lingkaran. Mereka dapat bertahan hidup di laboratorium hingga 60 hari sebelum terdegradasi secara alami.

"Tidak seperti Xenobot, mereka tidak memerlukan pinset atau pisau bedah untuk membentuknya, dan kita dapat menggunakan sel dewasa bahkan sel dari pasien lanjut usia sebagai pengganti sel embrio,” jelas penciptanya, mahasiswa PhD Gizem Gumuskaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)