200 Ilmuwan Beberkan Bukti Ilmiah Waktu Terjadinya Kiamat

Rabu, 06 Desember 2023 - 17:40 WIB
2. Kepunahan massal: Kerusakan lingkungan telah menyebabkan kepunahan massal spesies di seluruh dunia.

Jika kepunahan ini terus berlanjut, hal ini dapat menyebabkan titik ambang global, seperti hilangnya keanekaragaman hayati, runtuhnya ekosistem, dan gangguan rantai makanan.

Kerusakan ekosistem: Kerusakan ekosistem, seperti hutan hujan, terumbu karang, dan es laut, dapat menyebabkan titik ambang global, seperti hilangnya habitat, berkurangnya ketersediaan air, dan peningkatan risiko bencana alam.

3. Ledakan populasi: Ledakan populasi manusia telah menempatkan tekanan yang besar pada sumber daya alam dan lingkungan.

Jika pertumbuhan populasi terus berlanjut, hal ini dapat menyebabkan titik ambang global, seperti kekurangan pangan, air, dan energi, serta peningkatan kemiskinan dan konflik.

4. Perubahan teknologi: Teknologi baru dapat memiliki dampak yang signifikan pada lingkungan dan masyarakat. Jika teknologi baru digunakan secara tidak bertanggung jawab, hal ini dapat
menyebabkan titik ambang global, seperti lepasnya senjata nuklir, penyebaran senjata biologis, dan penggunaan teknologi untuk mengendalikan pikiran manusia.

“Suhu global yang luar biasa pada bulan November, t lebih hangat dari 2C, berarti tahun 2023 adalah tahun terpanas dalam sejarah,” tandas Samantha Burgess, wakil kepala layanan Copernicus.