Arkeolog Ungkap Bukti Keberadaan Ruang Rahasia di Balik Makam Firaun Tutankhamun

Senin, 11 Desember 2023 - 11:29 WIB
loading...
Arkeolog Ungkap Bukti Keberadaan Ruang Rahasia di Balik Makam Firaun Tutankhamun
Ruang Rahasia di Balik Makam Firaun Tutankhamun. FOTO/ DAILY
A A A
KAIRO - Pada tahun 2015, para arkeolog Mesir mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bukti adanya ruang rahasia di balik dinding makam Raja Tutankhamun. Ruang rahasia ini diduga berisi makam Ratu Nefertiti, ibu tiri Tutankhamun.


Para arkeolog menggunakan teknologi radar dan tomografi komputer untuk mendeteksi adanya ruang rahasia tersebut.

Seperti dilansir dari Daily Start, Senin (11/12/2023), hasil pemindaian menunjukkan adanya anomali pada dinding makam, yang kemungkinan merupakan pintu masuk ke ruang rahasia.

Namun, upaya untuk menggali ruang rahasia tersebut tertunda karena alasan keamanan. Pemerintah Mesir khawatir bahwa penggalian yang terlalu agresif dapat merusak makam Tutankhamun.

Pada tahun 2022, para arkeolog kembali melanjutkan upaya untuk menggali ruang rahasia tersebut. Mereka menggunakan teknologi yang lebih canggih, yaitu tomografi multi-spektral. Hasil pemindaian terbaru menunjukkan bahwa ruang rahasia tersebut berukuran sekitar 10 meter persegi.

Para arkeolog Mesir yakin bahwa ruang rahasia tersebut berisi makam Ratu Nefertiti. Mereka beralasan bahwa Nefertiti diperkirakan meninggal sebelum Tutankhamun, sehingga wajar jika makamnya berada di dekat makam putranya.

Penemuan ruang rahasia ini akan menjadi salah satu penemuan arkeologis terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Jika benar berisi makam Nefertiti, maka ruang rahasia ini akan memberikan informasi berharga tentang salah satu tokoh paling penting dalam sejarah Mesir Kuno.

Kemungkinan yang paling diyakini adalah bahwa ruang rahasia tersebut berisi makam Ratu Nefertiti. Nefertiti adalah salah satu ratu paling terkenal dalam sejarah Mesir Kuno. Ia adalah istri Raja Akhenaten dan ibu dari beberapa raja, termasuk Tutankhamun.

Jika benar berisi makam Nefertiti, maka ruang rahasia ini akan menjadi penemuan arkeologis terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Makam Nefertiti diperkirakan berisi harta karun yang luar biasa, termasuk perhiasan, patung, dan artefak lainnya.

Kemungkinan lainnya adalah bahwa ruang rahasia tersebut berisi makam tokoh lain, seperti salah satu pangeran atau putri Tutankhamun. Namun, kemungkinan ini lebih kecil karena para arkeolog telah menemukan makam beberapa pangeran dan putri Tutankhamun di dekat makamnya.

Kemungkinan terakhir adalah bahwa ruang rahasia tersebut kosong. Namun, kemungkinan ini juga kecil karena para arkeolog telah mendeteksi adanya anomali pada dinding makam, yang kemungkinan merupakan pintu masuk ke ruang rahasia.

Hanya waktu yang akan menjawab apa yang tersimpan di ruang rahasia makam Tutankhamun. Para arkeolog Mesir berencana untuk melanjutkan upaya penggalian ruang rahasia tersebut pada tahun 2023.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)