Ilmuwan Berhasil Ungkap Bentuk Wajah Firaun Ramses

Minggu, 25 Desember 2022 - 06:27 WIB
loading...
Ilmuwan Berhasil Ungkap  Bentuk Wajah Firaun Ramses
ilmuwan dari Mesir dan Inggris bekerja sama untuk membuat wajah firaun menggunakan model 3D tengkoraknya. FOTO/ DAILY MAIL
A A A
KAIRO - Wajah 'tampan' dari Firaun Mesir kuno yang paling kuat, Ramses II dapat dilihat untuk pertama kalinya sejak 3.200 tahun yang lalu sebagai hasil dari teknologi ilmiah baru.



Seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (25/12/2022), sebuah tim ilmuwan dari Mesir dan Inggris bekerja sama untuk membuat wajah Firaun menggunakan model 3D tengkoraknya.

Mereka kemudian membalikkan proses penuaan, memutar balik waktu hampir setengah abad untuk mengungkap wajah firaun ketika dia berada di puncak kekuasaannya.

Hasilnya adalah 'rekonstruksi wajah ilmiah' Ramses II berdasarkan pemindaian tomografi terkomputasi (CT) dari tengkoraknya yang sebenarnya.

Seorang profesor radiologi dari Universitas Kairo, Sahar Saleem, yang menciptakan model tengkorak 3D, mengatakan bahwa hasil rekonstruksi telah mengungkapkan wajah penguasa yang sangat tampan.

Dia berkata: “Imajinasi saya tentang wajah Ramses II dipengaruhi oleh wajah muminya. Namun, rekonstruksi wajah membantu membuat wajah mumi menjadi hidup,''

"Saya menemukan wajah yang direkonstruksi menjadi pria yang sangat tampan dengan ciri khas Ramses II berupa hidung mancung dan rahang yang kuat."

Firaun Ramses II adalah seorang pejuang yang hebat dan memerintah Mesir selama 66 tahun dan dia memprakarsai perjanjian pertama di dunia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)