Daftar Sistem Pertahanan Udara Canggih Israel Selain Iron Dome

Kamis, 14 Desember 2023 - 19:01 WIB
loading...
Daftar Sistem Pertahanan Udara Canggih Israel Selain Iron Dome
Iron Beam merupakan sistem pertahanan udara yang dimiliki Israel selain Iron Dome. (Foto: Israel Defence Ministry)
A A A
JAKARTA - Iron Dome merupakan sistem pertahanan canggih Israel yang selama ini menjadi andalan menangkis serangan dari Hamas, Hizbullah serta militer bersenjata negara lain.

Namun bukan hanya Iron Dome, Israel juga mempunyai sistem pertahanan udara lain yang tak kalah canggih. Apa saja? Berikut informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/12/2023).

1. Iron Beam


Iron Beam merupakan sistem pertahanan udara yang dimiliki Israel selain Iron Dome. Melansir Economic Times India, Israel sangat bergantung dengan sistem pertahanan Iron Dome sejak peristiwa serangan Badai Al Aqsa pada 7 Oktober 2023.

Sistem Iron Dome memerlukan rudal pencegat yang mahal, sehingga menipisnya stok rudal dikhawatirkan akan terjadi. Karena itu, Israel memilih langkah lain yakni dengan menggunakan sistem pertahanan udara Iron Beam. Senjata ini diluncurkan oleh kontraktor pertahanan, Israel Rafael Advance Defense System pada Singapore Airshow, 11 Februari 2014.



Iron Beam memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Iron Dome, seperti biaya per tembakan yang lebih rendah, penembakan tanpa batas, serta biaya operasional yang jauh lebih murah. Iron Beam beroperasi menggunakan laser serat untuk menghasilkan sinar laser, dan mampu menghancurkan targetnya di udara.

Senjata laser Iron Beam mampu menghasilkan daya 100-150 kW dengan jangkauan hingga 7 kilometer. Iron Beam memang dirancang khusus untuk menetralisir keberadaan artileri, roket jarak pendek, dan bom mortir.

2. David’s Sling


Israel juga memiliki David’s Sling yang menjadi andalan untuk sistem pertahanan udara. Senjata ini dirancang khusus untuk menghancurkan ancaman rudal balistik berjarak pendek, rudal jelajah, dan roket kaliber besar.

David’s Sling adalah hasil kolaborasi Rafael dengan Raytheon, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) dan merupakan pertahanan rudal tingkat menengah Israel. Senjata ini menggabungkan unit penembakan rudal secara vertikal, pencegat Stunner, dan radar kendali penembakan ELM-2084. Laman Missile Threat (CSIS Missile Defense Project) menyebut, David’s Sling memiliki panjang 4,6 meter dan mampu mencegat target hingga ketinggian 15 kilometer.


3. Patriot


MIM-104 Patriot adalah sistem rudal permukaan-ke-udara yang diproduksi oleh Raytheon asal AS. Meskipun demikian, senjata ini juga digunakan oleh Israel dan 17 negara lain untuk menjaga keamanannya.

Dikutip dari Business Insider, Patriot mampu menetralisir berbagai macam senjata, mulai dari drone, rudal balistik, hingga rudal jelajah. Sistem pertahanan rudal ini dilengkapi dengan 6 komponen utama, seperti rudal, peluncur, perangkat radar, stasiun kendali, unit pembangkit listrik, dan tiang antena dengan frekuensi tinggi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)