Mengenal Iron Beam, Proyek Hanud Berbasis Laser Israel yang Mengerikan

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:16 WIB
loading...
Mengenal Iron Beam, Proyek Hanud Berbasis Laser Israel yang Mengerikan
Iron Beam merupakan salah satu sistem pertahanan udara (Hanud) yang dimiliki Israel. Foto/Rafael
A A A
JAKARTA - Iron Beam merupakan salah satu sistem pertahanan udara (Hanud) yang dimiliki Israel . Berbeda dengan para pendahulunya, sistem ini menggunakan laser untuk menghancurkan target.

Baru-baru ini, Iron Beam kabarnya bakal segera digunakan pasukan Israel dalam melawan serangan Hamas. Nantinya, sistem pertahanan udara ini akan mendukung kinerja Iron Dome yang belakangan banyak mendapat kritik.

Lantas, seperti apa sistem pertahanan udara Iron Beam ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut.

Apa Itu Iron Beam?


Iron Beam adalah sebuah sistem pertahanan udara (Hanud) berbasis laser. Sering disebut juga sebagai Light Shield, persenjataan ini dirancang sebagai pelengkap Iron Dome yang menjaga pertahanan udara Israel.



Melihat ke belakang, Iron Beam dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd, sebuah perusahaan teknologi pertahanan asal Israel. Pada perancangannya, mereka bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Israel serta mendapat dukungan juga dari Amerika Serikat.

Iron Beam diperkenalkan ke publik pada tahun 2014. Waktu itu, pengembang membawanya pada acara Singapore Airshow.

Mengutip laman Defense News, Kamis (19/10/2023), Iron Beam dianggap sebagai senjata pertahanan udara yang terarah. Fungsinya adalah menetralisir ancaman seperti roket, artileri, drone, dan lain sebagainya.

Lebih jauh, pengembangan Iron Beam digunakan sebagai pelengkap Iron Dome. Pada tugasnya, mereka dirancang untuk menghancurkan proyektil jarak pendek yang kurang bisa diatasi Iron Dome.

Penggunaan Iron Beam


Iron Beam menggunakan laser untuk menghancurkan sasarannya yang masuk radar. Ada beberapa keuntungan penggunaan sistem pertahanan udara ini dibandingkan para pendahulunya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)