Spesifikasi Rudal Aster 15, Salah Satu Pertahanan Udara Terbaik di Dunia

Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:02 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Aster 15, Salah Satu Pertahanan Udara Terbaik di Dunia
Rudal aster 15 dapat diluncurkan dari berbagai platform, baik darat maupun laut. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Spesifikasi rudal Aster 15 menarik dipahami. Sebab, rudal aster 15 adalah rudal pertahanan udara generasi kelima yang dibuat oleh perusahaan MBDA Prancis.

Rudal ini dirancang untuk menghadapi ancaman udara dari pesawat tempur, helikopter, pesawat tanpa awak, rudal jelajah, hingga rudal anti-kapal yang terbang rendah.

Rudal tersebut memiliki kemampuan siluman, manuverabilitas, kecepatan, dan daya tembak tinggi. Bahkan, dapat beroperasi dalam segala cuaca dan kondisi lingkungan.

Rudal aster 15 merupakan bagian dari keluarga rudal aster, yang juga mencakup rudal aster 30 yang memiliki jangkauan lebih jauh. Rudal aster 15 dan 30 memiliki desain dan teknologi yang sama, tetapi berbeda dalam ukuran, berat, dan jangkauan.

Rudal aster 15 memiliki panjang 4,2 meter, diameter 180 mm, dan berat 310 kg. Rudal aster 15 memiliki jangkauan lebih dari 30 km dan ketinggian maksimum 13 km. Rudal aster 15 dapat mencapai kecepatan maksimum Mach 3 (3.000 km/jam).

Mesin Roket
Spesifikasi Rudal Aster 15, Salah Satu Pertahanan Udara Terbaik di Dunia

Rudal aster 15 dilengkapi mesin roket berbahan bakar padat yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama berfungsi sebagai pendorong yang memberikan dorongan awal untuk meluncurkan rudal dari peluncur vertikal.

Tahap kedua berfungsi sebagai pendorong utama yang memberikan dorongan berkelanjutan untuk membawa rudal ke sasaran. Rudal aster 15 juga dilengkapi dengan sistem kendali aerodinamis yang terdiri dari empat sirip di bagian belakang dan empat sirip di bagian depan. Sirip-sirip ini dapat bergerak secara independen untuk mengatur arah dan sudut rudal2

Sistem Panduan Canggih

Sistem panduan rudal Aster 15 canggih dan akurat. Sistem panduan inersia dengan up-link, membuat rudal menerima data navigasi dan target dari stasiun darat atau kapal induk melalui gelombang radio.

Rudal ini juga memiliki sistem pencari radar aktif, yang bisa mengirimkan sinyal radar sendiri dan menerima pantulan sinyal dari sasaran. Sistem pencari radar aktif ini dapat melacak dan menargetkan beberapa objek secara bersamaan.

Rudal tersebut juga memiliki sistem peledak sensitif dan efektif, menggunakan hulu ledak yang berisi bahan peledak seberat 15 kg. Hulu ledak ini dapat meledak dengan jarak aman dari sasaran, dan menghasilkan serpihan-serpihan yang dapat menembus dan merusak sasaran.

Bisa Diluncurkan di Darat atau Laut
Spesifikasi Rudal Aster 15, Salah Satu Pertahanan Udara Terbaik di Dunia

Rudal aster 15 dapat diluncurkan dari berbagai platform, baik darat maupun laut. Untuk platform darat. Rudal ini digunakan dalam sistem pertahanan udara SAMP/T (Sol-Air Moyenne Portée Terrestre), yang berarti Pertahanan Udara Jarak Menengah Darat.

Sistem ini terdiri dari kendaraan peluncur yang dapat membawa delapan rudal, kendaraan komando dan kontrol, kendaraan radar, dan kendaraan logistik. Sistem ini dapat beroperasi secara otonom atau terintegrasi dengan sistem pertahanan udara lainnya, dapat melindungi wilayah seluas 600 km persegi dari ancaman udara.

Untuk platform laut, rudal digunakan dalam sistem pertahanan udara PAAMS (Principal Anti Air Missile System), yang berarti Sistem Rudal Anti Udara Utama.



Sistem ini terdiri dari peluncur vertikal Sylver yang dapat membawa delapan rudal, sistem komando dan kontrol, sistem radar, dan sistem pengacau elektronik. Sistem tersebut dapat dipasang pada berbagai jenis kapal perang, seperti fregat, destroyer, atau kapal induk.

Digunakan Lebih dari 9 Negara

Rudal aster 15 telah digunakan oleh sembilan negara di dunia, yaitu Prancis, Italia, Inggris, Singapura, Arab Saudi, Mesir, Maroko, Qatar, dan Bahrain.
Rudal ini telah terbukti efektif dan andal dalam berbagai latihan dan operasi militer. Rudal ini juga telah menunjukkan kemampuan untuk menghadapi ancaman udara terbaru, seperti rudal balistik. Rudal ini merupakan salah satu rudal pertahanan udara terbaik diduniasaatini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)