Dicurigai Berasal dari Senjata Biologis, Virus Misterius Melanda Rusia

Selasa, 19 Desember 2023 - 18:32 WIB
loading...
Dicurigai Berasal dari Senjata Biologis, Virus Misterius Melanda Rusia
Virus Misterius Melanda Rusia. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Rusia dilaporkan mengalami wabah virus misterius setelah antrean ambulans dalam jumlah besar terlihat di luar rumah sakit. Virus tersebut diduga serangan dari senjata biologis yang diarahkan ke Rusia.



Laporan-laporan muncul di media sosial tentang wabah virus misterius di Rusia. Laporan-laporan tersebut menunjukkan antrean ambulans dalam jumlah besar di luar rumah sakit di berbagai kota di Rusia, termasuk Moskow, St. Petersburg, dan Yekaterinburg.

Seperti dilansir dari Daily Start, Selasa (19/12/2023), para pejabat Rusia dengan cepat menyangkal klaim bahwa wabah virus sedang menyebar di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan adanya wabah virus baru. Kementerian mengatakan bahwa antrean ambulans yang terlihat di media sosial disebabkan oleh peningkatan kasus penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus musiman, seperti flu dan pilek.

Namun, beberapa ahli medis mengatakan bahwa laporan-laporan tentang wabah virus misterius tidak dapat diabaikan. Mereka mengatakan bahwa kemungkinan ada virus baru yang menyebar di Rusia, dan bahwa virus tersebut mungkin lebih berbahaya daripada virus musiman.

Gejala-gejala yang dilaporkan dari virus misterius ini mirip dengan gejala Covid-19, termasuk demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Beberapa orang yang terinfeksi juga dilaporkan mengalami gejala yang lebih parah, seperti pneumonia dan gagal pernapasan.

Pada tanggal 20 Desember, Kementerian Kesehatan Rusia mengumumkan bahwa mereka telah memulai penyelidikan untuk mencari tahu apakah ada wabah virus baru yang menyebar di negara tersebut. Kementerian mengatakan bahwa mereka akan mengumpulkan sampel dari pasien-pasien yang terinfeksi dan mengujinya untuk berbagai virus.

Jika penyelidikan menemukan bahwa wabah virus baru sedang menyebar di Rusia, itu akan menjadi ancaman baru bagi kesehatan masyarakat di seluruh dunia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)