Ingatan Manusia dan Kera Diklaim Punya Banyak Kesamaan Soal Hubungan Sosial

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:33 WIB
Ingatan Manusia dan Kera Diklaim Punya Banyak Kesamaan Soal Hubungan Sosial
Manusia dan Kera Diklaim Punya Banyak Kesamaan . FOTO/ THE VERGE
LONDON - Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature menemukan bahwa manusia dan kera memiliki ciri ingatan sosial yang luar biasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa kedua spesies tersebut mampu mengingat dan memahami hubungan sosial antar individu dalam kelompoknya.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Berkeley, dan University of New Mexico. Mereka menggunakan teknik fMRI untuk mengamati aktivitas otak manusia dan kera saat mereka melihat gambar yang menggambarkan hubungan sosial antar individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa area otak yang sama aktif pada manusia dan kera saat mereka melihat gambar yang menggambarkan hubungan sosial yang positif, seperti persahabatan atau keluarga. Area otak ini juga aktif saat mereka melihat gambar yang menggambarkan hubungan sosial yang negatif, seperti konflik atau persaingan.

Penemuan ini menunjukkan bahwa kemampuan untuk mengingat dan memahami hubungan sosial adalah ciri yang umum dimiliki oleh manusia dan kera.

Kemampuan ini penting untuk kehidupan sosial kedua spesies tersebut, karena memungkinkan mereka untuk menjalin hubungan yang positif dan menghindari konflik.

Penemuan ini juga memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang asal-usul empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa empati mungkin berakar pada kemampuan untuk mengingat dan memahami hubungan sosial.

"Empati adalah kemampuan yang kompleks yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain secara emosional," kata penulis utama penelitian ini, Dr. Michael Tomasello, seorang profesor psikologi di University of California, Berkeley.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa empati mungkin berakar pada kemampuan yang lebih dasar untuk mengingat dan memahami hubungan sosial." tambahnya.

Penelitian ini masih dalam tahap awal, dan masih banyak hal yang belum diketahui tentang hubungan antara ingatan sosial dan empati.

Namun, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang kemampuan unik yang dimiliki oleh manusia dan kera.