Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Sebarkan 6 Objek Misterius di Orbit

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:56 WIB
loading...
Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Sebarkan 6 Objek Misterius di Orbit
Setelah empat hari peluncuran, pesawat luar angkasa rahasia robotik Shenlong menyebarkan enam objek misterius di orbit. Foto/Live Science
A A A
BEIJING - Setelah empat hari peluncuran, pesawat ruang angkasa rahasia robotik Shenlong China menyebarkan enam objek misterius di orbit. Bahkan beberapa objek misterius itu terdeteksi memancarkan sinyal.

Pelacak pesawat ruang angkasa amatir di seluruh dunia telah mengikuti objek tersebut dengan cermat selama berhari-hari dan telah mencatat emisi yang berasal dari beberapa objek tersebut. Keenam objek misteri tersebut telah ditetapkan sebagai OBJEK A, B, C, D, E dan F.

Menurut pelacak satelit dan astronom amatir Scott Tilley, OBJEK A tampaknya memancarkan sinyal seperti oleh objek yang dilepaskan oleh pesawat ruang angkasa China pada dua misi sebelumnya. OBJEK D dan E, sementara itu, tampaknya memancarkan sinyal "placeholder" yang menganggur tanpa ada data yang menyertainya.



“Perlu dicatat bahwa tidak seperti emisi pada awal misi pesawat ruang angkasa Tiongkok 1 dan 2, emisi ini sangat terputus-putus dan tidak bertahan lama. Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk mengamati lintasan demi lintasan dengan antena parabola untuk menghasilkan data ini,” kata Tilley dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (20/12/2023).

Tilley dan pelacak satelit lainnya telah menganalisis sinyal tersebut dan yakin bahwa emisi tersebut berasal dari objek atau dari jarak dekat dengannya. Kesimpulan ini didasarkan pada pengamatan mereka di sepanjang jalur misi pesawat ruang angkasa China sebelumnya yang menggunakan frekuensi 2.280MHz.

“Singkatnya, misi pesawat ruang angkasa China yang diluncurkan ke orbit yang sama dengan dua misi terakhir. Namun, secara operasional menunjukkan perilaku radio yang berbeda dari sebelumnya,” kata Tilley.

Pengamatan tambahan terhadap emisi dari OBJEK D dan E adalah hal baru, namun mungkin juga terlewatkan pada misi sebelumnya. Tilley mengatakan, hal yang harus diwaspadai adalah pertemuan jarak dekat antara OBJEK A dan OBJEK D dan E.



OBJEK D dan E berada pada orbit yang cukup elips sedangkan A berada pada orbit yang hampir melingkar. Dalam beberapa hari ke depan akan terjadi pendekatan jarak dekat antara objek-objek tersebut di perigee. Diketahui Perigee adalah titik dalam orbit elips satelit saat berada paling dekat dengan Bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)