Astronot China Rekam Aktivitas Cukur Rambut di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Rabu, 20 Desember 2023 - 17:33 WIB
loading...
Astronot China Rekam Aktivitas Cukur Rambut di Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Para astronot China dari misi Shenzhou 17 merekam aktivitas mencukur rambut menggunakan alat dengan fungsi vakum untuk mencegah potongan rambut tidak melayang. Foto/CCTV
A A A
JAKARTA - Para astronot China dari misi Shenzhou 17 merekam aktivitas mencukur rambut menggunakan alat dengan fungsi vakum untuk mencegah potongan rambut tidak melayang. Perangkat ini menyedot rambut untuk meminimalkan potensi risiko menyumbat perangkat keras stasiun luar angkasa.

Komandan misi Tang Hongbo dan kru pemula Tang Shengjie dan Jiang Xinlin baru-baru ini saling membantu memotong rambut di stasiun luar angkasa Tiangong. Video yang dirilis oleh CMSA, badan penerbangan luar angkasa manusia Tiongkok, menunjukkan Tang Shengjie memotong rambut rekannya Jiang Xinlin menggunakan perangkat pintar yang juga berfungsi sebagai penyedot debu.

Sistem potong dan vakum serupa telah lama digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Rekaman itu juga memperlihatkan Tang Hongbo menggunakan topi mandi khusus untuk mencuci rambutnya.



“Topi mandi pertama berisi sampo untuk dioleskan ke rambut. Tutup kedua berisi air untuk membersihkan dan membilas rambut, kemudian dikeringkan dengan handuk,” tulis laman Space dikutip SINDOnews, Rabu (20/12/2023).

Misi Shenzhou 17 tiba di stasiun luar angkasa Tiangong pada 26 Oktober dan kini telah berada di orbit selama lebih dari 50 hari. Para kru mengambil kendali stasiun dari kru misi Shenzhou 16 yang berangkat beberapa hari kemudian.

Tugas rutin kru Shenzhou 17 mencakup memindahkan peralatan ke luar stasiun luar angkasa untuk eksperimen, mengelola peralatan dan fasilitas, serta memelihara fasilitas sains untuk penelitian jangka panjang. Para kru juga mengembalikan beberapa pemandangan spektakuler dari lokasi mereka di orbit.



Para astronot akan tetap berada di Tiangong selama sekitar enam bulan. Mereka diperkirakan akan menerima misi pasokan kargo Tianzhou 7 pada bulan Januari 2024.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)