Sensor Pertahanan Luar Angkasa Australia Pantau Aktivitas Tiangong

Minggu, 03 September 2023 - 11:09 WIB
loading...
Sensor Pertahanan Luar Angkasa Australia Pantau Aktivitas Tiangong
Sebuah perusahaan Australia HEO Robotics mengembangkan sensor berbasis ruang angkasa untuk memperoleh gambar objek menarik di orbit seperti satelit. Foto/Earthsky
A A A
CANBERRA - Sebuah perusahaan Australia HEO Robotics mengembangkan sensor berbasis ruang angkasa untuk memperoleh gambar objek menarik di orbit seperti satelit. Bukti kecanggihan sensor yang diberi nama non-Earth imaging (pencitraan non-Bumi) terbukti dengan merekam perkembangan Tiangong, stasiun luar angkasa China .

Perusahaan tersebut merilis gambar yang menunjukkan beberapa kemampuan non-Earth imaging pada 30 Agustus 2023. Rekaman gambar itu menunjukkan langkah demi langkah yang dilakukan China untuk menyelesaikan tiga modul stasiun luar angkasa Tiangong.

“Dengan menggunakan kemampuan pencitraan non-Bumi (non-Earth imaging), kami menyaksikan sebuah cerita terungkap dalam jangka waktu 18 bulan. Setiap tahap yang Anda lihat diverifikasi dengan foto yang diambil dari satelit lain di luar angkasa,” keterangan HEO Robotic melalui di X (dulu Twitter) dikutip SINDOnews dari laman Space, Minggu (3/9/2023).



Video pendek tersebut menunjukkan modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pertama kali dikunjungi oleh kapal kargo Tianzhou dan pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou. Sebelum dua modul eksperimen, Wentian dan Mengtian, ditambahkan ke kompleks dan ditransposisikan untuk membentuk "bentuk T" dan menerima pengunjung baru .

HEO Robotics berspesialisasi dalam pencitraan non-Bumi, artinya menggunakan sensor berbasis ruang angkasa untuk memperoleh gambar objek menarik di orbit seperti satelit. “Kemampuan ini membantu pertahanan, pemerintah, dan operator komersial memantau objek luar angkasa secara visual dengan teknologi inspeksi terbang lintas di orbit kami,” menurut halaman web perusahaan.
Sensor Pertahanan Luar Angkasa Australia Pantau Aktivitas Tiangong


Startup yang berbasis di Sydney baru-baru ini melihat Holmes Imager mencapai orbit sebagai muatan yang dihosting di atas kapal Droid-1 Turion. Kemudian, mengumpulkan investasi sebesar USD12 juta AUD untuk memperluas platform perangkat lunaknya.



Tiangong saat ini dihuni oleh tiga orang awak Shenzhou 17. Tiongkok bertujuan untuk mempertahankan pos orbitalnya tetap ditempati setidaknya selama satu dekade dan berpotensi memanfaatkan stasiun tersebut untuk tujuan komersial.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)