Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Terdeteksi Kirim Sinyal Kuat di Wilayah AS

Minggu, 24 Desember 2023 - 11:53 WIB
loading...
Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Terdeteksi Kirim Sinyal Kuat di Wilayah AS
Pesawat ruang angkasa rahasia China yang diluncurkan pekan lalu ke orbit, terdeteksi mengirimkan sinyal kuat ke wilayah Amerika Utara. Foto/Cnet
A A A
WASHINGTON - Pesawat ruang angkasa rahasia China yang diluncurkan pekan lalu ke orbit, terdeteksi mengirimkan sinyal kuat ke wilayah Amerika Utara. Pesawat yang dijuluki Shenlong juga dideteksi telah melepaskan enam benda misterius setelah mencapai orbit bumi.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah menetapkan enam objek OBJEK A sampai F. Benda-benda tersebut sedang dilacak oleh Angkatan Luar Angkasa AS tetapi tidak ada rincian yang dirilis kepada publik mengenai benda itu atau apa tujuannya.

Astronom amatir Scott Tilley juga telah melacak pesawat tersebut dan memeriksa sinyal yang dipancarkannya. Dia mengatakan kepada Daily Mail, tampaknya pesawat ruang angkasa China mengirimkan sinyal terkuat saat melewati Amerika Utara.



Hal ini terjadi hanya 10 bulan setelah AS menembak jatuh balon mata-mata China yang mungkin mengumpulkan informasi intelijen ketika melewati beberapa situs militer. Tilley mengatakan dia yakin sinyal tersebut menargetkan stasiun bumi atau kapal di dekat British Columbia, Kanada, tempat dia tinggal.

“Saat pesawat ruang angkasa hanya memancarkan lintasan tertentu yang tampaknya mendukung lokasi di selatan hingga barat daya,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Minggu (24/12/2023).
Pesawat Ruang Angkasa Rahasia China Terdeteksi Kirim Sinyal Kuat di Wilayah AS


Tilley telah bekerja sama dengan sebuah kelompok di Swiss mengawasi pesawat tersebut sejak diluncurkan pada 15 Desember. Tilley dan timnya di Swiss memberi label pada pesawat luar angkasa itu Object A, yang diidentifikasi sebagai pesawat ruang angkasa uji coba oleh Angkatan Luar Angkasa AS.

Objek B sangat terang dan menunjukkan karakteristik selama beberapa lintasan yang dilalui. Kurva cahaya Objek D juga menunjukkan kontrol yang stabil. 'Objek C tampak seperti puing-puing samar yang berputar dengan cepat. OBJEK F juga cukup redup, namun belum terdeteksi adanya rotasi.



Objek E dan D diyakini sebagai satelit. Objek D dan E juga telah diamati memancarkan sinyal oleh seorang pengamat di Australia.

Objek yang diduga sebagai pesawat luar angkasa Objek A memancarkan sinyal. “Kami akan melakukan pengukuran lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang,” kata Tilley.

Pesawat ruang angkasa China Shenlong diluncurkan satu hari setelah AS terpaksa membatalkan penerbangan pesawat mata-matanya X-37B rancangan Boeing. “Mungkin bukan suatu kebetulan bahwa mereka mencoba untuk mencocokkan kita dalam hal waktu dan urutan kejadian ini,” kata Jenderal Chance Saltzman, Kepala Operasi Luar Angkasa Angkatan Luar Angkasa.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)