7 Eksprimen Paling Mengerikan dengan Korban Ribuan Nyawa Manusia

Minggu, 24 Desember 2023 - 16:51 WIB
loading...
7 Eksprimen Paling Mengerikan dengan Korban Ribuan Nyawa Manusia
7 Eksprimen Paling Mengerikan. FOTO/ IFL Science
A A A
BERLIN - Pada abad ke-19, seorang ahli bedah bernama Thomas Hodgkins melakukan serangkaian eksperimen mengerikan untuk mempelajari tentang sistem kekebalan tubuh. Eksperimennya melibatkan pemberian daging manusia kepada hewan-hewan, termasuk anjing, kucing, dan monyet.



Seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (24/12/2023), Hodgkins percaya bahwa daging manusia dapat membantu hewan-hewan tersebut mengembangkan kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Namun, eksperimennya justru berakhir dengan bencana. Hewan-hewan tersebut menjadi sakit dan mati, dan Hodgkins sendiri diduga terjangkit penyakit menular dari daging manusia yang diberikannya.

Eksprimen Necropants


Pada abad ke-18, seorang dokter bernama John Hunter melakukan eksperimen untuk mempelajari tentang efek dari pembusukan pada tubuh manusia. Eksperimennya melibatkan penggunaan celana yang terbuat dari kulit manusia yang telah membusuk.

Hunter percaya bahwa celana tersebut dapat membantu mengobati penyakit kulit. Namun, celana tersebut justru berakhir dengan bencana. Pasien-pasien yang menggunakan celana tersebut mengalami infeksi dan kematian.

Eksprimen Bom Biologis

Pada Perang Dunia I, Jerman menggunakan bom biologis untuk menyerang makam-makam tentara Inggris. Bom-bom tersebut berisi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti kolera dan disentri.

Tujuan Jerman adalah untuk menyebarkan penyakit di antara tentara Inggris dan melemahkan moral mereka. Namun, serangan tersebut justru berakhir dengan bencana. Banyak tentara Inggris yang tewas akibat penyakit, dan serangan tersebut juga menyebabkan kematian warga sipil.

Selain kisah-kisah di atas, masih banyak lagi kisah mengerikan dari sisi gelap ilmu pengetahuan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Eksperimen Tuskegee


Eksperimen Tuskegee adalah sebuah eksperimen medis yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap 400 pria kulit hitam dari Alabama. Eksperimen tersebut berlangsung selama 40 tahun, dari tahun 1932 hingga 1972.

Dalam eksperimen tersebut, para pria tersebut sengaja tidak diberikan pengobatan untuk penyakit sifilis, padahal penyakit tersebut dapat disembuhkan. Eksperimen ini berakhir dengan skandal besar dan menyebabkan pemerintah Amerika Serikat dituntut.

2. Eksperimen Unit 731


Unit 731 adalah sebuah unit penelitian militer Jepang yang melakukan eksperimen mengerikan terhadap manusia selama Perang Dunia II. Eksperimen tersebut melibatkan penggunaan senjata kimia, senjata biologis, dan eksperimen medis lainnya.

Para korban eksperimen Unit 731 adalah tahanan perang, warga sipil, dan bahkan anak-anak. Eksperimen ini menyebabkan kematian ratusan ribu orang.

3.Eksprimen MKUltra


MKUltra adalah sebuah program rahasia CIA yang dilakukan untuk mempelajari tentang pengaruh obat-obatan terlarang dan teknik pengendalian pikiran terhadap manusia. Program ini berlangsung selama 20 tahun, dari tahun 1953 hingga 1973.

Dalam program MKUltra, CIA melakukan eksperimen ilegal terhadap manusia tanpa persetujuan mereka. Para korban eksperimen MKUltra adalah tahanan, sukarelawan, dan bahkan warga sipil. Eksperimen ini menyebabkan kematian dan trauma yang mendalam bagi para korbannya.

4. Eksprimen Virus HIV


Pada tahun 1983, dua ilmuwan bernama Luc Montagnier dan Françoise Barré-Sinoussi berhasil menemukan virus HIV, virus penyebab AIDS. Penemuan ini merupakan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah ilmu pengetahuan medis.

Namun, penemuan virus HIV juga memiliki sisi gelapnya. Banyak ilmuwan yang terlibat dalam penelitian virus HIV yang kemudian meninggal dunia karena AIDS.

5.Eksprimen Bioteknologi


Bioteknologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan produk atau jasa. Bioteknologi memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Namun, bioteknologi juga memiliki sisi gelapnya. Bioteknologi dapat digunakan untuk mengembangkan senjata biologis atau untuk menciptakan makhluk hidup yang berbahaya.

Kisah-kisah di atas adalah bukti bahwa ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk tujuan yang baik atau buruk. Ilmu pengetahuan adalah alat yang kuat, dan penggunaannya harus dilakukan dengan bertanggung jawab.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)