Harta Karun Khan Agung dari Kazakhstan, Gesper Emas Berusia 1.500 Tahun

Rabu, 03 Januari 2024 - 11:46 WIB
loading...
A A A
“Gesper seperti itu tampaknya menjadi simbol kekuasaan dalam masyarakat Turki dan menandakan pemakainya orang berstatus tinggi,” kata Samashev.
Harta Karun Khan Agung dari Kazakhstan, Gesper Emas Berusia 1.500 Tahun


Khagan ditampilkan di bagian tengah gesper, mengenakan mahkota berornamen dan duduk di singgasana yang menggambarkan dua ekor kuda. Dia diapit oleh dua pelayan yang berlutut menawarkan makanan dari piring dan mangkuk.

“Ini adalah penggambaran khagan masyarakat Göktürk yang terverifikasi paling awal, dan mungkin itu khagan agung,” kata Samashev. Tidak diketahui apakah plakat tersebut dikenakan oleh tegin yang dimakamkan di sana.



Suku Göktürks atau "Orang Turki Surgawi" di Asia Tengah berasal dari kelompok etnis di bawah pemerintahan Xiongnu. Mereka memerintah Stepa Eurasia bagian timur sekitar abad kedua SM sampai sekitar abad pertama Masehi.

Banyak orang Turki modern adalah keturunan orang-orang yang merupakan bagian dari Khaganate Turki Barat, yang terbentuk setelah perang saudara di antara suku Göktürk pada akhir abad keenam. Kemudian dari dan Khazar Khaganate, penerus Western Turk Khaganate, yang bertahan hingga abad ke-10 sebagai sekutu Kekaisaran Bizantium.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)