Prasasti Misterius pada Sphinx Kuno Terungkap, Berisi Pesan Tidak Biasa

Kamis, 04 Januari 2024 - 17:57 WIB
loading...
Prasasti Misterius pada Sphinx Kuno Terungkap, Berisi Pesan Tidak Biasa
Prasasti misterius pada patung sphinx perunggu yang ditemukan pada awal abad ke-19 terkuak setelah 100 berusia tahun. Foto/Arekonews
A A A
KAIRO - Prasasti misterius pada patung sphinx perunggu yang ditemukan pada awal abad ke-19 terkuak setelah 100 berusia tahun. Patung sphinx perunggu ini berasal dari abad ketiga, ditemukan di Dacia, sebuah provinsi Romawi yang setara dengan Rumania modern.

Namun, setelah ditemukan pada abad ke-19, patung tersebut dicuri dari orang Eropa sekitar tahun 1848. Meskipun sphinx tidak pernah ditemukan, gambar detailnya masih ada.

Dacia adalah nama kuno Rumania dan telah menjadi saksi kekuasaan berbagai kelompok dan kerajaan sepanjang sejarah. Pada zaman kuno, Dacia adalah bagian dari Kerajaan Dacia dan kemudian menjadi provinsi Kekaisaran Romawi setelah ditaklukkan oleh Kaisar Romawi Trajan pada tahun 106 M.



Namun, pada abad ke-3, invasi bangsa Goth dan suku-suku lain melemahkan kendali Romawi, dan sekitar tahun 270 M, Romawi menarik diri dari Dacia. Selanjutnya, Dacia berada di bawah kekuasaan berbagai suku dan kerajaan.

Prasasti pada sphinx akhirnya berhasil diuraikan, mengungkapkan sebuah puisi pendek, namun “tidak biasa”. Prasasti di sekitar dasar patung sphinx perunggu ditulis menggunakan alfabet Yunani kuno.

Namun, nilai fonetik alfabet Yunani membuat teks menjadi tidak masuk akal dalam bahasa Yunani. Oleh karena itu, makna prasasti tersebut telah membingungkan para sarjana sejak artefak tersebut ditemukan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Mediterranean Archaeology and Archaeometry 30 Desember, para peneliti tidak berhasil, mungkin karena pembacaannya dari kiri ke kanan. Ini merupakan penyimpangan “tidak biasa” dari norma-norma kuno.



Kemungkinan besar juru tulis tersebut mencoba mengungkapkan sesuatu dalam bahasa selain bahasa Yunani dengan menggunakan alfabet Yunani kuno. Nilai fonetik alfabet Yunani kuno mencatat puisi berirama pendek dalam bahasa Proto-Hongaria.

Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, bunyinya: “Lihatlah, sembahlah: inilah singa suci,” yang dapat dianggap sebagai perintah untuk menghormati sphinx.

Puisi yang diterjemahkan ini patut diperhatikan karena “pemujaan sphinx bukanlah bagian dari mitologi Romawi kuno arus utama yang menampilkan dewa dan dewi Romawi yang dikenal banyak orang saat ini,” kata Peter Revesz, profesor Universitas Nebraska, kepada McClatchy News, Kamis (4/1/2024).

Revesz menekankan bahwa patung sphinx ini unik karena memberikan beberapa catatan tentang agama minoritas yang catatannya di Kekaisaran Romawi jauh lebih sedikit. “Karakter-karakter tersebut mungkin terlihat misterius pada awalnya, namun begitu pencerminannya diketahui, karakter-karakter tersebut menjadi mudah dikenali sebagai huruf alfabet Yunani,” ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)