Selidiki Lubang Hitam di Antariksa, India Luncurkan Roket dengan Sinar X

Jum'at, 05 Januari 2024 - 23:01 WIB
loading...
Selidiki Lubang Hitam di Antariksa, India Luncurkan Roket dengan Sinar X
India siap selidiki Lubang Hitam di Antariksa. FOTO/ IFL
A A A
NEW DELHI - Badan antariksa India berhasil meluncurkan roket dari pelabuhan antariksa Sriharikota dalam upaya membantu para ilmuwan meningkatkan pengetahuan mereka tentang lubang hitam di luar angkasa.



Menurut Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) dalam postingan di situs sosial X, roket yang membawa Satelit Polarimeter Sinar-X (XPoSat) diluncurkan dari pelabuhan antariksa Sriharikota pada Senin lalu.

“Tahun 2024 diangkat dengan penuh kemegahan. XPoSat dalam kondisi baik dan pembangkitan listrik sudah dimulai,” ujarnya.

Peluncuran tersebut merupakan misi kedua untuk mempelajari fenomena lubang hitam setelah Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional (NASA) meluncurkan upaya serupa pada tahun 2021.

Lubang hitam adalah suatu wilayah di ruang angkasa tempat materi runtuh akibat tarikan gravitasi yang begitu kuat sehingga cahaya tidak dapat keluar.

Kepala ISRO, Somanath mengatakan, kendaraan PSLV-C58 berhasil menempatkan satelit ke orbit.

“Mulai saat ini, orbit PSLV akan diturunkan ke orbit yang lebih rendah, dimana tahap atas akan melakukan percobaan dengan sembilan muatan di dalamnya dan prosesnya akan memakan waktu,” ujarnya.

Pada tahun 2023, India meluncurkan misi surya pertamanya, Aditya-L1 dan merayakan keberhasilan pendaratan Chandrayaan-3 di kutub selatan bulan.

ISRO saat ini berupaya meluncurkan misi manusia pada tahun 2025, dengan tujuan mengirim tiga astronot ke orbit Bumi dan membawa mereka kembali setelah tiga hari.

“2024 akan menjadi tahun persiapan misi Gaganyaan,” kata Somanath.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)