Spesifikasi Tank Super T-95 Rusia, Ancaman Serius bagi Ukraina dan Amerika

Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:45 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Super T-95 Rusia, Ancaman Serius bagi Ukraina dan Amerika
Rusia sudah berhasil membuat prototype tank super T-95. (Foto: National Interest)
A A A
JAKARTA - Spesifikasi tank super T-95 Rusia menarik perhatian publik terutama kalangan militer lantaran keandalannya di medan perang. Tank tempur ini bisa membalikkan keadaan di medan pertempuran karena memiliki kemampuan melampaui tank-tank canggih milik Amerika Serikat dan NATO.

Prototype tank super T-95 sudah berhasil dibuat, beruntung Rusia memutuskan tidak melanjutkannya ke proses produksi massal dengan alasan tertentu. Sungguh beruntung bagi Ukraina, Amerika dan sekutunya, lantaran tank ini tidak jadi terwujud.

Dilansir dari National Interest, Sabtu (6/1/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin sangat ingin memiliki tank T-95 untuk melibas Ukraina. Sayangnya, untuk sementara dia harus berpuas diri dengan tank T-72 dan T-80 saja.


Spesifikasi tank super T-95 Rusia


Dari prototipe yang ada, Tank T-95 Rusia dilengkapi dengan meriam besar yang melampaui tank-tank utama Amerika Serikat dan NATO. T-95 juga memiliki fitur lain yang membuatnya jauh lebih tangguh, termasuk jangkauan tembakan lebih jauh, sistem kontrol tembakan digital, dan tingkat proteksi kru yang lebih baik.

Meriam utama T-95 dirancang sebagai meriam utama berbore halus 152mm. Ukurannya lebih besar dan lebih kuat ketimbang tank M1A2 Abrams milik Amerika dan sekutunya di Eropa.

Meriam T-95 tak hanya bisa menembakkan berbagai jenis peluru peledak tinggi, tapi juga rudal pandu. Meriam utama 152mm ini akan memiliki jangkauan yang lebih jauh dibandingkan tank musuh. Ukurannya setara dengan beberapa artileri.

Bagian atas tank berfungsi secara otomatis, sehingga kru dapat tetap berada di dalam lambung untuk perlindungan yang lebih baik dan menggunakan kontrol jarak jauh untuk mengoperasikan tank. Meriam juga diisi secara otomatis dan diarahkan dengan penglihatan termal.

Autoloader tank juga diposisikan lebih tinggi untuk mengantisipasi jika tank melintasi ranjau. Posisi moncong tank dan dudukannya juga lebih tinggi dari tank Rusia lainnya untuk memungkinkan penggunaan meriam besar.

Penempatan ini memungkinkan elevasi yang lebih baik yang dirancang untuk membantu dalam pertempuran perkotaan berdasarkan pengalaman dari pertempuran sengit di Chechnya di mana pemberontak menghancurkan banyak tank Rusia. Meriam T-95 juga dibekali kemampuan untuk menembak target di luar cakrawala dengan rudal pandu.


Mesin buas T-95


T-95 dibekali mesin diesel dengan 1.500 tenaga kuda, menghasilkan kecepatan yang potensial lebih tinggi daripada tank Rusia lainnya seperti kebanyakan varian T-90, yang hanya mendapatkan 1.000 atau 1.100 tenaga kuda.

T-95 juga akan mengubah cara Rusia menggunakan pelindung. Tank ini dilengkapi dengan lapis baja reaktif eksplosif Relikt yang sangat kuat dan sistem perlindungan aktif yang umumnya digunakan pada varian tank Rusia terbaru.

Fitur Lain T-95 yang Menonjol


Tank super T-95 juga memiliki sistem kontrol pertempuran yang direncanakan yang jauh lebih maju dari zamannya. Kru dapat segera mengetahui berapa banyak peluru yang tersisa. Sistem komunikasinya sangat baik.

Pada akhirnya, Rusia menganggap prototipe T-95 yang mereka bangun terlalu maju untuk produksi. Sebagian fitur yang direncanakan diintegrasikan ke dalam T-14 Armata. Padahal, T-95 akan menjadi masalah serius bagi Amerika dan sekutunya dalam skenario potensial perang tank . Meriam yang kuat dan fitur perlindungan yang mumpuni tank Rusia ini akan menjadi sesuatu yang harus diperhitungkan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)