Spesifikasi The Protector, Kendaraan Tempur Baru Ukraina

Kamis, 05 September 2024 - 15:38 WIB
loading...
Spesifikasi The Protector,...
Protector bisa digunakan mengangkut logistik, misi pengintaian, dan unit tempur. Foto/Defense Express
A A A
JAKARTA - Ukraina terus menghadirkan inovasi baru kendaraan tempur untuk digunakan di medan perang. Kali ini perusahaan Ukrainian Armor LLC menghadirkan Unmanned Ground Vehicle (UGV) Protector, platform robotik yang bisa digunakan mengangkut logistik, misi pengintaian, dan unit tempur.

"Robot ini diciptakan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional personel militer di medan perang," kata CEO Ukrainian Armor, Vladyslav Belbas, dilansir dari Defense Express, Kamis (5/9/2024).

Belbas menambahkan, proses pembuatan platform robotik baru ini mengadopsi pengalaman langsung dari personel militer Ukraina yang berjuang melawan Rusia, terutama para prajurit yang sudah terbiasa mengoperasikan senjata serupa di medan perang.

Secara fungsi UGV Protector bisa digunakan untuk mengangkut logistik, tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaannya untuk tugas lain seperti melakukan pengintaian, mengangkut dan meluncurkan sistem tak berawak lainnya.



Selain itu, Protector dapat diubah menjadi unit tempur yang sepenuhnya berfungsi. Sebagai contoh, perusahaan menunjukkan UGV ini yang dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk peluncur sistem rudal anti-tank. Di antara gambar-gambar tersebut, ada juga yang menunjukkan sistem perang elektronik yang dipasang pada robot ini. Keunggulan utama UGV Protector adalah produksi yang cepat dan biaya yang rendah.

Spesifikasi The Protector, Kendaraan Tempur Baru Ukraina


Dari sisi spesifikasi, UGV Protector memiliki jangkauan komunikasi oleh operator lebih dari 15 kilometer dan dapat diperpanjang menggunakan drone repeater. Unit ini juga terintegrasi ke dalam sistem kesadaran situasional ICoMWare.



UGV Protector memiliki berat 4.000 Kg. Dimensi (PxLxT): 5.200 mm, 1.870 mm, 1.450 mm, masing-masing. Kemampuan melalui rintangan sudut elevasi maksimum 30° dan sudut roll maksimum 25° serta perlindungan kinetik Stanag 4569 level 1. Dengan spesifikasi ini UGV Protector dapat melewati dinding vertikal setinggi 235 mm dan selokan sedalam 0,5 meter.

Soal kecepatan, UGV Protector mampu melaju hingga 60 km/jam baik di jalan raya atau off-road. Mesin Protector menghasilkan 190 daya kuda, mengkonsumsi 12 liter bahan bakar diesel per 100 km, dengan kapasitas tangki 76 liter.

Selain UGV Protector, Ukraina sebelumnya juga meluncurkan kendaraan lapis baja Varta 2, yang dilengkapi dengan armor STANAG level 3 dan dipasangi meriam otomatis 30mm yang terintegrasi ke dalam stasiun senjata Sich.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2468 seconds (0.1#10.140)