Ilmuwan Temukan Banyak Spesies Siput Karnivora di Papua Nugini

Kamis, 11 Januari 2024 - 21:04 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Banyak Spesies Siput Karnivora di Papua Nugini
Banyak Spesies Siput Karnivora Ditemukan di Papua Nugini. FOTO/ IFL
A A A
PAPUA - Sekelompok peneliti dari University of Queensland, Australia, baru-baru ini mengumumkan penemuan sembilan spesies siput baru di Papua Nugini. Spesies-spesies ini termasuk dalam genus Punctum, yang merupakan genus siput kecil karnivora.



Siput-siput baru ini ditemukan di hutan hujan tropis di Pegunungan Foja, Papua Nugini. Spesies-spesies ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang terkecil yang berukuran hanya 1,5 milimeter hingga yang terbesar yang berukuran 3 milimeter.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Stephen Smith, seorang ahli siput dari University of Queensland. Dr. Smith mengatakan bahwa penemuan ini merupakan hal yang penting karena menambah pengetahuan kita tentang keanekaragaman hayati di Papua Nugini.

"Papua Nugini adalah rumah bagi keanekaragaman hayati yang luar biasa, termasuk banyak spesies siput yang belum diketahui," kata Dr. Smith seperti dilansir dari IFL Science, Kamis (11/1/2024).
"Penemuan ini menunjukkan bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang alam Papua Nugini."

Siput-siput baru ini diberi nama berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Misalnya, spesies Punctum fojianum dinamai demikian karena ditemukan di Pegunungan Foja. Spesies Punctum microlum dinamai demikian karena memiliki ukuran yang sangat kecil.

Siput-siput baru ini diketahui memakan serangga kecil, seperti lalat dan kepik. Mereka menggunakan radula, yaitu lidah yang berduri, untuk memotong mangsanya.

Penemuan ini menambah daftar spesies siput baru yang ditemukan di Papua Nugini. Pada tahun 2022, para peneliti dari University of Queensland juga mengumumkan penemuan 12 spesies siput baru di Papua Nugini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)