Temukan Fosil Siput, Ilmuwan Klaim Rahasia Evolusi Terjawab

Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:14 WIB
loading...
Temukan Fosil Siput, Ilmuwan Klaim Rahasia Evolusi Terjawab
Fosil Siput ditemukan di dlm pohon. FOTO/ IFL
A A A
LONDON - Sekelompok ilmuwan menemukan fosil siput berusia 99 juta tahun yang terperangkap di resin pohon. Fosil tersebut sangat langka karena menunjukkan siput sedang melahirkan anak-anaknya.

BACA JUGA - Unik, Eye Cream dengan Formula Lendir Siput

Seperti dilansir dari IFL Science, temuan ini memberikan wawasan baru tentang evolusi reproduksi siput. Sebagian besar siput bertelur, tetapi beberapa spesies melahirkan anak hidup-hidup.

Para ilmuwan percaya bahwa siput darat berevolusi untuk melahirkan anak hidup-hidup untuk melindungi keturunannya dari pemangsa.

Di hutan tropis Kapur, di mana siput tersebut hidup, terdapat banyak pemangsa yang mengincar telur siput. Dengan melahirkan anak hidup-hidup, siput dapat melindungi keturunannya selama mungkin.

Proses evolusi ini kemungkinan terjadi secara bertahap. Pada awalnya, siput mungkin bertelur di tempat-tempat yang aman, seperti di bawah batu atau di dalam lubang.

Seiring waktu, siput mungkin mulai menghasilkan telur yang lebih kuat untuk melindungi keturunannya dari pemangsa. Akhirnya, siput berevolusi untuk melahirkan anak hidup-hidup.

Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi dapat terjadi secara bertahap, bahkan untuk perubahan yang tampak drastis seperti melahirkan anak hidup-hidup.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)