Keunggulan Jet Tempur Dassault Rafale yang Dibeli Indonesia, Siap Layani Beragam Misi

Jum'at, 12 Januari 2024 - 10:53 WIB
loading...
Keunggulan Jet Tempur Dassault Rafale yang Dibeli Indonesia, Siap Layani Beragam Misi
Jet tempur Dassault Rafale yang dibeli Indonesia bisa menjalankan beragam misi berbeda, sehingga dapat dipakai untuk beragam kebutuhan. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Jet tempur Dassault Rafale memiliki sejumlah keunggulan yang menarik diketahui. Salah satunya adalah bisa melakukan berbagai jenis misi yang berbeda-beda.

Pada awal 2024 ini, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menandatangani kontrak pengadaan jet tempur Rafale tahap ketiga sebanyak 18 unit. Setelah kontraknya resmi efektif, Dassault Aviation selaku pengembang bakal langsung memulai proses pembuatannya.

Lebih jauh, apa sebenarnya keunggulan dari jet tempur Dassault Rafale ini?

Keunggulan Jet Tempur Dassault Rafale

1. Jet Tempur Omnirole
Keunggulan Jet Tempur Dassault Rafale yang Dibeli Indonesia, Siap Layani Beragam Misi

Rafale sendiri merupakan salah satu jet tempur paling canggih di dunia. Pesawat tempur generasi 4.5 ini juga biasa digunakan negara-negara anggota NATO.

Pada sederet kemampuannya, Rafale memiliki kemampuan yang serbabisa (omnirole). Jet tempur ini mampu melakukan berbagai jenis misi yang berbeda.
Misalnya, seperti misi superioritas udara, pertahanan udara, dukungan serangan udara jarak dekat, pengintaian udara hingga serangan anti-kapal.

2. Bisa Membawa Berbagai Senjata

Kelebihan lain dari Dassault Rafale bisa dilihat dari kompatibilitasnya. Jadi, jet tempur buatan Prancis ini bisa memuat berbagai macam persenjataan yang nantinya disesuaikan dengan misi atau perannya.

Beberapa di antaranya yang bisa disebutkan seperti rudal udara-ke-udara jarak jauh BVR METEOR dan MICA, rudal stand-off jarak jauh SCALP, rudal anti-kapal AM39 EXOCET hingga bom berpemandu laser. Tak hanya itu, tersedia juga meriam internal NEXTER 30M791 30 mm yang diklaim mampu menembakkan 2500 peluru/menit.



Itulah sejumlah keunggulan yang dimiliki jet tempur DassaultRafale.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)