NASA Akhirnya Berhasil Buka Sampel Asteroid Bennu

Sabtu, 13 Januari 2024 - 17:51 WIB
NASA Akhirnya Berhasil Buka Sampel Asteroid Bennu
Para spesialis di Johnson Space Center NASA di Houston akhirnya berhasil membuka dua sekrup yang macet pada tabung sampel asteroid Bennu. (Foto: NASA)
JAKARTA - Setelah sekitar tiga bulan berusaha, para spesialis di Johnson Space Center NASA di Houston akhirnya berhasil membuka dua sekrup yang macet pada tabung sampel asteroid Bennu yang dibawa pesawat luar angkasa OSIRIS-REx. Tim sekarang tinggal menyelesaikan proses pengambilan batuan dan debu dari asteroid Bennu.

"Kami semua sangat bersemangat untuk melihat harta sisa yang dimiliki OSIRIS-REx," kata Eileen Stansbery, kepala divisi Astromaterials Research and Exploration Science dilansir dari Tucson.com, Sabtu (13/1/2024).

Lebih dari 70 gram bahan asteroid telah dikumpulkan dan dicatat dengan cermat dari dalam kapsul pelindung yang mendarat di gurun barat Salt Lake City pada 24 September 2023.

Tujuan asli misi senilai USD1,2 miliar ini adalah untuk membawa kembali setidaknya 60 gram puing-puing batuan yang tersisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Setelah insinyur selesai membongkar kapsul pelindung, sisa-sisa Bennu akan difoto, diambil, dan ditimbang untuk menentukan berapa banyak materi asteroid yang berhasil dibawa oleh OSIRIS-REx. "Akhirnya memiliki kepala TAGSAM terbuka dan akses penuh ke sampel Bennu yang dikembalikan adalah pencapaian monumental yang mencerminkan dedikasi dan kecerdikan tanpa ragu-ragu dari tim kami," kata peneliti utama misi, Dante Lauretta, seorang Profesor Regents di Lunar and Planetary Laboratory University of Arizona.

Estimasi awal menunjukkan kemungkinan ada 180 gram batuan dan debu masih berada di dalam kepala pengambil sampel, membawa total tangkapan misi menjadi sekitar 250 gram.

OSIRIS-REx diluncurkan pada September 2016 dan tiba di Bennu pada Desember 2018. Pesawat luar angkasa robot ini sebentar menyentuh permukaan asteroid pada 20 Oktober 2020, untuk mengumpulkan sampelnya, sebelum berangkat kembali ke Bumi pada Mei 2021.

Untuk membuka dua sekrup terakhir pada kepala pengambil sampel, para insinyur di Laboratorium Kuration Sampel OSIRIS-REx harus merancang, membuat, dan menguji dua alat multi-bagian baru dilengkapi dengan bit yang dibuat khusus dari baja tahan karat bedah non-magnetik tertentu.