5 Telur Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 1 Kg

Sabtu, 13 Januari 2024 - 22:11 WIB
loading...
5 Telur Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 1 Kg
Telur burung unta berukuran panjang 15 cm, lebar 13 cm dan beratnya mencapai 1,4 Kg. (Foto: ©Dominique de La Croix)
A A A
JAKARTA - Lebih dulu telur atau ayam? Tebakan-tebakan itu sangat familiar di tengah masyarakat. Tapi tahukah kamu ada banyak telur berukuran besar. Salah satu telur terbesar di dunia bahkan ada yang beratnya mencapai 1 Kg. Kalau digoreng bisa untuk berapa porsi ya?

Ada banyak hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau yang biasa disebut juga hewan ovipar. Setelah mengeluarkan telurnya, induk hewan biasanya akan mengerami dan menjaga telurnya dalam suhu yang tetap hangat hingga saatnya menetas. Ukuran dari telur-telur pun juga beragam, tergantung jenis hewannya. Contoh saja telur burung puyuh yang jauh lebih kecil jika dibandingkan ukuran telur ayam.

Berikut deretan hewan yang memiliki ukuran telur terbesar dirangkum dari berbagai sumber:

1. Telur Burung Kiwi


Kiwi merupakan burung berukuran kecil tidak terbang yang berasal dari Selandia Baru. Meskipun secara ukuran burung kiwi tidak jauh beda dari ayam pada umumnya, namun telur yang dihasilkan burung kiwi termasuk besar untuk ukuran induknya. Betina Kiwi menghasilkan telur dengan ukuran hampir dari 20% ukuran induknya dengan berat bisa mencapai 0,5 kg.


2. Telur Angsa Terompet


Hewan bertelur asal Amerika Utara ini menjadi unggas hidup yang memiliki tubuh terbesar dan terberat di habitatnya. Pada usia ke 15 minggu berat angsa terompet bisa mencapai 9 kg, begitupun dengan telur yang dihasilkannya tergolong terbesar dan terberat di antara jenis unggas lainnya. Telur angsa terompet bisa mencapai berat 320 gram dengan panjang 11 cm dan lebar 8 cm.

3. Telur burung Kasuari


Burung kasuari merupakan unggas endemik yang berasal dari Papua, Papua Nugini, dan Australia. Burung yang tidak bisa terbang ini memiliki kebiasaan unik yaitu berkumpul hanya untuk mencari pasangan dan berkembang biak. Kasuari betina sekali masa bertelur akan menghasilkan 3 hingga 8 butir telur yang berwarna hijau. Jika kebanyakan telur akan dierami oleh betina namun telur burung kasuari dierami oleh kasuari jantan.

Telur burung kasuari rata-rata berukuran lebar 9 cm, panjang 14 cm dengan berat antara 650-750 gram. Kasuari jantan biasanya akan mengerami telurnya selama 50 hari dan terus menjaga anaknya hingga berusia 9 bulan.


4. Telur Burung Emu


Burung dengan bahasa latin Dromaius novaehollandiae ini merupakan burung terbesar kedua setelah saudaranya burung unta. Emu juga merupakan burung tidak bisa terbang yang berasal dari Australia. Di alam liar burung emu merupakan tipe hewan yang senang berkelana dan menjelajah untuk mencari makan. Burung emu memiliki telur unik , berwarna hijau gelap dengan berat bisa mencapai 450 - 650 gram dan cangkangnya banyak dimanfaatkan sebagai hasil kerajinan tangan.

5. Telur Burung Unta


Burung unta merupakan jenis burung tidak bisa terbang yang memiliki tubuh cukup besar, burung dari Benua Afrika ini juga memiliki kecepatan lari luar biasa. Telur dari burung bernama latin Struthio Camelus ini merupakan jenis telur terbesar di antara hewan bertelur lainnya. Ukurannya bisa 20 kali lipat dari telur ayam pada umumnya, dengan ukuran panjang 15 cm, lebar 13 cm dan beratnya berat mencapai 1,4 kg, dan volumenya hingga 1 liter. Nah, itulah 5 burung dengan telur terbesar di dunia, kira-kira kalau digoreng bisa buat porsi makan berapa orang ya?

MG/Rihhadatul Aisy
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3120 seconds (0.1#10.140)