Pernah Hampir Punah, Serangga Ini Kini Kuasai AS

Minggu, 14 Januari 2024 - 23:15 WIB
Pernah Hampir Punah, Serangga Ini Kini Kuasai AS
Xylocopa virginica, serangga yang hampir punah kini menguasai AS. FOTO/ IFL
NEW YORK - Sebuah spesies serangga yang pernah dianggap sebagai "serangga paling langka" di dunia kini tumbuh subur dalam jumlah ribuan di Amerika Serikat.

BACA JUGA - Hama Kutu Busuk Asia Mulai Merongrong Petani di Amerika dan Inggris

Serangga tersebut adalah lebah tukang kayu Amerika (Xylocopa virginica), yang memiliki panjang sekitar 2,5 cm dan berwarna hitam berkilau.

Lebah tukang kayu Amerika dulunya sangat langka karena habitatnya yang menurun akibat deforestasi dan penggunaan pestisida.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, populasinya telah meningkat secara dramatis di beberapa bagian Amerika Serikat, termasuk California, Oregon, dan Washington.

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kebangkitan lebah tukang kayu Amerika adalah upaya konservasi yang dilakukan oleh para ilmuwan dan aktivis lingkungan.

Upaya-upaya ini termasuk penanaman pohon dan tumbuhan berbunga, serta perlindungan terhadap habitat lebah.

Faktor lain yang berkontribusi terhadap kebangkitan lebah tukang kayu Amerika adalah perubahan iklim. Perubahan iklim menyebabkan musim semi tiba lebih awal, yang memungkinkan lebah-lebah ini untuk berkembang biak lebih cepat.

Kebangkitan lebah tukang kayu Amerika adalah kabar baik bagi lingkungan. Lebah-lebah ini merupakan penyerbuk penting bagi tanaman, dan mereka membantu menjaga keseimbangan ekosistem.